EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Tunarungu di SMALBS Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan

Amin, Muhammad (2019) Problematika Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Tunarungu di SMALBS Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (936kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang problematika baca tulis al-Qur’an pada siswa tunarungu di SMALBS Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan dengan fokus penelitian sebagai berikut: problematika baca tulis al-Qur’an pada siswa tunarungu di SMALBS Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan dan faktor pendukung dan penghambat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana problematika baca tulis al-Qur’an pada siswa tunarungu di SMALBS Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan dan faktor pendukung dan penghambatnya. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran fikih dan sebagian siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah problematika baca tulis huruf al-Qur’an pada anak tunarungu di SMALBS B/C Dharma Wanita Persatuan Banjarmasin dan faktor pendukung dan penghambatnya serta faktor-faktor yang mempengaruhi baca tulis al-Qur’an pada anak tunarungu. Jenis Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah lapangan (Field Research) dengan mengggunakan pendekatan diskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi,angket dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik editing, koding, klasifikasi, dan interpretasi data. Untuk analisis data menggunakan analisis diskriftif kualitatif dengan mendiskrifsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa problematika yang sering terjadi adalah sulitnya menerapkan pembelajaran metode dan strategi aktif pada jumlah siswa yang banyak sekaligus dengan ruang belajar yang cukup padat, serta cukup sulit bagi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi pembelajaran dengan menggunakan bahasa isyarat karena literasi kebahasaan yang cukup sulit dan terbatas. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis al-Quran siswa tunarungu di SMALBS B/C Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan adalah faktor siswa, faktor guru, faktor fasilitas dan faktor lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Amin Amin
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:40
Last Modified: 31 Oct 2019 06:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item View Item