EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bacaan Alquran Murid-murid Peserta Program Tahfizh di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah 2 Kindaung Banjarmasin

Azhari, Didin (2020) Bacaan Alquran Murid-murid Peserta Program Tahfizh di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah 2 Kindaung Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (957kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Alquran adalah kitab petunjuk yang mulia, membacanya bernilai ibadah dan setiap hurufnya mengandung pahala kebaikan baik itu bagi yang membacanya maupun yang mendengarkannya. Tetapi apa yang terjadi bila Alquran kitab yang mulia ini dibaca tanpa dasar ilmu pengetahuan tentangnya, maka yang kita lihat adalah banyaknya kesalahan yang terjadi, oleh karena itu para ulama membuat satu disiplin ilmu khusus membahas cara membaca Alquran yang baik dan benar yang dinamakan dengan ilmu tajwid. Dengan adanya ilmu tajwid tersebut akan memudahkan orang-orang yang akan membaca, menghapal dan mempelajari Alquran. Bacaan Alquran para murid berarti kemampuan para murid dalam melafazkan ayat-ayat Alquran sesuai dengan kaidah tajwid tanpa harus melihat ayat Alquran yang dibaca, sedangkan para peserta adalah mereka yang mengikuti kegiatan membaca Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan bacaan Alquran murid-murid peserta program tahfizh mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI di MDIM 2 Kindaung Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah murid-murid yang membaca hapalan surah Alquran. Objek penelitian ini adalah bacaan Alquran murid-murid yang mengikuti program tahfizh di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah 2 Kindaung Banjarmasin. Sedangkan sampel dalam penilitian ini adalah mulai dari kelas I sampai kelas VI masing-masing tiap kelas diambil 4 orang murid sebagai sampelnya. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dapat diketahui bahwa bacaan hapalan Alquran para murid dari kelas I sampai VI yang berjumlah 24 Murid, ada 21 murid yang memiliki nilai di atas 70 dengan nilai rata-rata 87,5%. Kemudian ada 3 murid yang memiliki nilai di bawah 70 dengan nilai rata-rata 12,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bacaan Alquran murid-murid peserta program tahfizh di Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah 2 Kindaung Banjarmasin yang di tinjau dari aspek, makharijul huruf, madd, gunnah dan sifat-sifat huruf, memiliki kualitas bacaan yang baik.Beberapa faktor keberhasilan para murid adalah faktor guru, fasilitas pembelajaran tahfizh yang memadai, Minat para murid, serta dukungan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 15 Jul 2020 06:09
Last Modified: 15 Jul 2020 06:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item