EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penghijauan dalam al-Qur`an (Studi Tematik Atas Ayat-ayat Tumbuhan dalam Tafsîr Al-Mishbâh Karya M. Quraish Shihab)

Rahim, Muhammad Abdi (2020) Penghijauan dalam al-Qur`an (Studi Tematik Atas Ayat-ayat Tumbuhan dalam Tafsîr Al-Mishbâh Karya M. Quraish Shihab). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PENYATAAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari keadaan hutan khususnya yang ada di Indonesia yang semakin kemari semakin memprihatinkan. Penyusutan luas hutan alam setiap tahun begitu cepat akibat penebangan pohon yang tidak terkendali. Dengan rusaknya hutan mengakibatkan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia, seperti bencana banjir, longsor, emisi gas rumah kaca dan lain sebagainya. Mengingat dampak yang sangat berpengaruh dari rusaknya hutan, hendaklah manusia melakukan upaya perbaikan lingkungan dengan cara penghijauan, yaitu dengan memanam tumbuhan dan pepohonan. Pentingnya melakukan penghijauan ternyata telah digambarkan dalam beberapa ayat Al-Qur`an. Salah satu tokoh mufasir Indonesia yang keilmuananya diakui secara nasional adalah M. Quraish Shihab. Yang mana penafsirannya diharapkan dapat mencerminkan dan peka terhadap persoalan lingkungan yang berkaitan dengan konteks Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat-ayat Al-Qur`an tentang penghijauan dan sejauh mana wawasan lingkungan pada penafsiran tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran ayat-ayat Al-Qur`an tentang penghijauan dan mengetahui wawasan lignkungan pada penafsiran tersebut. Jenis penelitan ini adalah penelitian penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penafsiran ayat-ayat AlQur`an tentang penghijauan, ayat-ayat tersebut bersifat primordial atau menyatu secara organik dalam perintah-perintah moral Islam tentang menanam, meyiram, merawat dan keindahan, dengan sumber data primer dari karya-karya M. Quraish Shihab yang relevan dengan judul. Sedangkan teknik pengumpulan data yagn digunakan adalah teknik penelusuran data kepustakaan, yakni literatur. Adapun metode pengolahan data adlah menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan menanam, meyiram, merawat dan keindahan tumbuhan, mendeskripsikan penafsiran M Quraish Shihab terhadap ayatayat tersebut, dan menyusun secara sistematis penafsiran M. Quraish Shihab. Diperoleh hasil penelitian bahwa M. Quraish Shihab dalam penafsiran ayatayat Al-Qur`an tentang penghijauan selalu menunjukkan kedudukan penghijauan dalam suatu ekosistem. Beberapa di antaranya disertai dengan penjelasan ilmiah. Adapun wawasan lingkungan pada penafsiran M. Quraish Shihab tentang ayat penghijauan menunjukkan urgensi penghijauan di antaranya sebagai sarana terjaminnya ketersediaan pangan, pembersih udara, sarana hidriologi, dan memperindah pemandangan bentang alam. Serta perlunya peran manusia dalam melaksakan penghijauan ini. Kemudian, penafsiran ayat-ayat Al-Qur`an tentang penghijauan oleh M. Quraish Shihab dapat digolongkan memiliki wawasan konservatif. Oleh karena itu. Manusia tidak boleh melakukan keusakan di muka bumi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:00
Last Modified: 26 Aug 2020 07:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14685

Actions (login required)

View Item View Item