EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Ulama Kota Banjarmasin Tentang Status Anak Dari Nikah Fasid

Safitri, Erni Nur (2020) Persepsi Ulama Kota Banjarmasin Tentang Status Anak Dari Nikah Fasid. Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah kasus yang ditemui dalam putusan hakim No. 89/Pdt.P/2019/PA.Bjm. tentang pernikahan fasid yang terjadi di daerah Kota Banjarmasin yaitu dikarenakan tidak sesuai dengan peraturan atau melawan hukum Islam, karena Pemohon II (isteri) dinyatakan oleh hakim di Pengadilan Agama pada saat nikah sirri masih terikat dengan mantan suami lamanya yang menyebabkan pernikahan keduanya adalah fasid. Dan juga berdampak terhadap status anak yang dilahirkan, penulis tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai status anak dari nikah fasid. Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi Ulama Kota Banjarmasin tentang status anak dari nikah fasid dan apa alasan yang mendasari persepsi Ulama kota Banjarmasin tentang status anak dari nikah fasid. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi Ulama Kota Banjarmasin tentang status anak dari nikah fasid dan untuk mengetahui alasan yang mendasari persepsi Ulama kota Banjarmasin tentang status anak dari nikah fasid. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan menghasilkan data deskriptif serta berlokasi di Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur yaitu sesuai dengan pedoman wawancara yang telah disiapkan, menghasilkan data berupa biodata informan dan persepsi ulama beserta alasan ulama Kota Banjarmasin yang mendasari penelitian ini, hasil penelitian ini diolah dengan teknik editing serta disajikan dalam bentuk deskriptif dan matriks. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mengacu kepada landasan teori. Hasil penelitian ini ada 10 persepsi Ulama yang dibagi dalam 2 persepsi. Pertama, persepsiUlama Kota Banjarmasin yang mengatakan status anak sah yaitu Ulama nomor informan II, VIII dan X. Kedua, persepsi Ulama Kota Banjarmasin yang mengatakan status anak tidak sah yaitu Ulama nomor I, III, IV, V,VI, VII, dan IX. Nasab seorang anak yang lahir dari pernikahan yang fasid ataupun bathil adalah dinasabkan kepada ibunya apabila anak tersebut lahir sebelum 6 bulan dari perkawinan orang tuanya, sedangkan apabila anak tersebut lahir dari 6 bulan dari perkawinan orang tuanya maka dinasabkan kepada ayah biologisnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:32
Last Modified: 23 Dec 2020 07:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item