EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERSPEKTIF ULAMA TERHADAP DANA TALANGAN UMRAH SECARA KREDIT DI KOTA BANJARMASIN

Rismayana, Winda (2021) PERSPEKTIF ULAMA TERHADAP DANA TALANGAN UMRAH SECARA KREDIT DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (381kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang persoalan istitaah dan akad dalam pelaksanaan dana talangan umrah, sehingga penulis tertarik menggali lebih dalam mengenai dana talangan umrah secara kredit dari sisi beberapa pendapat ulama. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perspektif ulama terhadap praktik akad dana talangan umrah secara kredit di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, berlokasi di Kota Banjarmasin. Data yang dikumpulkan adalah data yang deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dengan subjek penelitian ini adalah ulama Kota Banjarmasin dan objek penelitian ini adalah prespektif ulama Kota Banjarmasin terhadap akad dana talangan umrah secara kredit di Kota Banjarmasin. Hasil penelitian ini diolah dengan teknik editing, kategorisasi dan matriks. Selanjutnya, di analisis secara kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengacu kepada landasan teori. Hasil penelitian ini menghasilkan dua persepsi yang berbeda yaitu yang pertama setuju dengan adanya dana talangan umrah secara kredit dengan alasan karena dalam praktiknya calon jamaah menjaminkan sesuatu yang senilai dengan jumlah dana yang dipinjam, maka secara tidak langsung ia sudah dianggap mampu. Persepsi kedua tidak setuju dengan adanya praktik dana talangan secara kredit dengan alasan seseorang yang belum mempunyai dana untuk menunaikan ibadah umrah maka ia tidak memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah umrah, apalagi harus memaksakan diri menjaminkan sesuatu yang sebanding dengan dana yang dipinjam.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:45
Last Modified: 10 Aug 2021 03:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item