EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN PENGAJIAN TASAWUF GURU USFIA RUSDI PADA MASYARAKAT DESA KETAPANG KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT

Fadillah, Reza (2022) PERAN PENGAJIAN TASAWUF GURU USFIA RUSDI PADA MASYARAKAT DESA KETAPANG KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pengajian merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada pada masyarakat sebagai tempat dalam menuntut ilmu mengenai pemahaman agama Islam untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt, serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta, karena didalamnya memberikan penghayatan, pengetahuan, dan bimbingan sikap perilaku yang baik sesuai nilai-nilai Islami. Kehadiran pengajian dikalangan masyarakat cenderung terus meningkat, dengan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan kesadaran dalam beragama. Pengajian tasawuf yang disampaikan oleh Guru Usfia Rusdi, banyak sekali dihadiri oleh masyarakat, bahkan masyarakat dari luar desa juga mengikuti pengajian tersebut, selain itu juga dihadiri oleh santri, tokoh-tokoh masyarakat, pemuda, agama sampai ada sebagian dari pejabat Daerah Kabupaten Tanah Laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengajian tasawuf oleh Guru Usfia Rusdi, dan perannya terhadap kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat Desa Ketapang Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran pengajian tasawuf oleh Guru Usfia Rusdi terhadap kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat sangat berperan penting, karena dalam kegiatan yang dilaksanakan pada pengajian adalah hal-hal yang positif yang berhubungan dengan ilmu-ilmu keagamaan khususnya dalam ilmu akhlak dan tasawuf. Kitab tasawuf yang dipelajari pada pengajian ini adalah kitab al-Risâlah al-Qusyairiyyah, Waja Sampai Kaputing, dan Ihyâ` 'Ulûm al-Dîn. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pengajian menggunakan beberapa metode yaitu metode ceramah, halaqah, diskusi, tanya jawab, dan demonstrasi. Pelaksanaan pengajian dalam satu minggu sebanyak dua kali, yaitu pada malam rabu dan malam minggu. Bentuk-bentuk peran dari pengajian tasawuf Guru Usfia Rusdi yang mempengaruhi kepada kehidupan masyarakat seperti menjalin silaturahmi, memperoleh ilmu pengetahuan keagamaan, mempererat persaudaraan, memberikan motivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari, minat pendidikan kearah keagamaan, perilaku masyarakat menjadi lebih baik, dan terbukanya lapangan pekerjaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 12 Jul 2022 00:39
Last Modified: 12 Jul 2022 00:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19574

Actions (login required)

View Item View Item