EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN DINAS SOSIAL DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN TABUKAN KABUPATEN BARITO KUALA

SYARIFAH, SYARIFAH (2022) PERAN DINAS SOSIAL DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN TABUKAN KABUPATEN BARITO KUALA. Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Syarifah. 170101030409. Peran Dinas Sosial Dalam Melaksanakan Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala. Pembimbing I Dra. Hj. Yusna Zaidah, M.H., dan Pembimbing II Arie Sulistyoko, S.Sos., M.H., pada Program Studi Hukum Tatanegara, Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin. 2022 Kata Kunci: Peran Dinas Sosial, Program Keluarga Harapan. Program Keluarga Harapan merupakan salah satu program yang sedang dijalankan oleh pemerintah Indonesia dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Penelitian ini bertolak dari adanya sejumlah permasalaha baik terkait percairan dana PKH, pendampingan, pengawasan, dan adanya ketidaktepatan sasaran penerima PKH. Penelitian bertujuan untuk mengatahui bagaimana peran Dinas Sosial dalam melaksanakan Program Keluarga Harapan di Kecamatan Tabukan dan untuk mengidentifikasi kendala Dinas Sosial dalam melaksanakan Program Keluarga Harapan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif, yaitu dengan menguraikan, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Dinas Sosial Kabupaten Barito Kuala dan di Kecamatan Tabukan, yang terdiri dari 19 informan, 4 dari pihak Dinas Sosial termasuk pendamping PKH Kecamatan, 15 masyarakat penerima PKH di Kecamatan Tabukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Dinas Sosial dalam melaksanakan Program Keluarga Harapan di Kecamatan Tabukan dapat dilihat dari tiga aspek yaitu peran Dinas Sosial sebagai regulator yaitu pemegang kebijakan atas jalannya PKH di Kecamatan Tabukan, dinamisator yaitu Dinas Sosial melakukan pendampingan/ pembinaan kepada masyarakat penerima PKH dan fasilisator yaitu Dinas sosial memberikan fasilitas berupa dana bantuan uang kepada keluarga penerima PKH yang ditekankan untuk keperluan membuka modal usaha, pendidikan dan kesehatan. Akan tetapi penerapan peran tersebut dimasyarakat masih kurang maksimal, karena permasalah yang ada sampai saat ini belum terselesaikan. Dinas Sosial juga mengalami kendala dalam melaksanakan PKH di Kecamatan Tabukan seperti kurangnya anggaran, faktor wilayah, kurangnya fasilitas, dan masih kurangnya SDM-PKH di Kecamatan Tabukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:22
Last Modified: 28 Jul 2022 06:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19825

Actions (login required)

View Item View Item