EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kinerja Badan Permusyawaratan Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Warga Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Studi Kasus Desa Tanjung Lalak Selatan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru)

Dandi, Dandi (2023) Kinerja Badan Permusyawaratan Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Warga Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Studi Kasus Desa Tanjung Lalak Selatan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dandi. 2022. Kinerja Badan Permusyawaratan Desa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Warga Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa (Studi Kasus Desa Tanjung Lalak Selatan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kabupaten Kotabaru). Skripsi, Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah. Pembimbing (1) Dr. Hj. Hayatun Naimah M.Hum. Pembimbing (2) Muhammad Haris SH, M.Kn. Kata Kunci: Kinerja, Badan Permusyawaratan Desa, Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keluhan beberapa masyarakat, bahwa masih ada yang tidak mengetahui fungsi BPD, serta keluhan atau aspirasi masyarakat masih ada beberapa yang belum direalisasikan. Beranjak dari masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja BPD dalam menjalankan fungsinya, hambatan-hambatan yang dihadapi BPD dalam mengoptimalkan kinerjanya, dan upaya-upaya yang dilakukan BPD untuk mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam rangka optimalisasi kinerja BPD dalam melaksanakan fungsinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Hukum Empiris dengan pendekatan Kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis Metode analisis data yang dipakai pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menganalis data-data yang sudah terkumpul, dengan kata-kata atau kalimat yang kemudian disimpulkan untuk memperoleh hasil yang lebih efisien dan sempurna sesuai dengan yang peneliti harapkan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa BPD dalam menjalankan ketiga fungsinya masih ada yang kurang maksimal, dan perlu peningkatan. Hambatanhambatan yang dihadapi oleh BPD dalam melaksanakan fungsinya disebabkan oleh hambatan internal dan eksternal, dan BPD sudah melakukan beberapa upaya untuk mangatasi habatan, yaitu mengkomunikasikan kepada pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk lebih meningkatkan bimbimgan teknis penyelenggaraan pemerintahan desa di Desa Tanjung lalak selatan, dan BPD memberikan pemahaman tentang kedudukan, tugas dan fungsinya kepada masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 20 Jan 2023 00:35
Last Modified: 20 Jan 2023 00:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item