EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perilaku Keberagamaan Remaja (Studi Kasus Daerah Komplek Pemakaman di Jalan Pematang Panjang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar)

Ramadhana, Ramadhana (2018) Perilaku Keberagamaan Remaja (Studi Kasus Daerah Komplek Pemakaman di Jalan Pematang Panjang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (244kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Ramadhana, 2018. Perilaku Keberagamaan Remaja (Studi Kasus Daerah Komplek Pemakaman di Jalan Pematang Panjang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar) Latar belakang masalah penelitian ini adalah penulis ingin meneliti lebih mendalam tentang perilaku keberagamaan remaja (studi kasus daerah komplek pemakaman di jalan pematang panjang kecamatan Gambut kabupaten Banjar). Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku keberagamaan remaja (studi kasus daerah komplek pemakaman di jalan pematang panjang kecamatan Gambut kabupaten Banjar). Subjek dalam penelitian ini adalah Remaja berumur 13-21 tahun yang telah ditetapkan sebagai subjek dalam penelitian ini (6 orang) yang memiliki umur yang berbeda beda, ada yang berumur 15 tahun (2 orang), 14 tahun (1 orang), 16 tahun (1 orang), 19 tahun (1 orang), dan 17 tahun (1 orang), sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah perilaku keberagamaan ramaja daerah komplek pemakaman di jalan pematang panjang kecamatan Gambut kabupaten Banjar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Lalu, disimpulkan dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Perilaku keberagamaan meliputi: Ibadah Sholat yang dalam hal pelaksanaanya rata-rata kadang-kadang saja melaksanakanya , Pengamalan ibadah puasa dalam hal pelaksanaanya mereka rata-rata tunai dalam puasanya akan tetapi kalau wanita ada masa haid dan qodhaan puasanya kadang-kadang juga dibayar, kegiatan sosial keagamaan dalam hal pelaksanaanya mereka tidak mengikuti kegiatan keagamaan tersebut, dan Akhlak dalam pelaksanaanya rata-rata dalam segi perkataan sopan, perbuatan baik, tetapi dari segi pakaian ada yang tidak menutup aurat terutama perempuan. Adapun faktor-faktor yang turut mempengaruhi perilaku keberagamaan remaja (studi kasus daerah komplek pemakaman di Jalan Pematang panjang kecamatan Gambut kabupaten Banjar) yaitu Faktor internal seperti Pengalaman pribadi Yang dapat dilihat dari faktor pribadinya ini masih salah satu keluarga saja yang mau berinisiatip sendiri dalam perilaku keberagamaan remajanya dan Emosi yang dimana rata-rata yang mempengaruhinya tersebut kadang-kadang ikut kadang-kadang tidak, dan faktor eksternal yaitu lingkungan seperti keluarga yang dapat dilihat dari beberapa keluarga yang kurang perduli akan Perilaku Keberagamaan Anak Remajanya, lingkungan sekolah yang dimana Mereka Rata-rata bersekolah pada sekolah umum saja, dan lingkungan masyarakat yang rata-rata anak remajanya yang masih kurang berinteraksi dengan masyarakatnya yang memiliki kedekatan dengan hal yang dilakukan pada perilaku keberagamaan remaja yaitu melaksanakan Ibadah Sholat, Puasa, Akhlak, Serta keikut sertaan dalam kegiatan Sosial Keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 10 Jul 2018 01:02
Last Modified: 10 Jul 2018 01:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10035

Actions (login required)

View Item View Item