EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK Tunas Mandiri Kabupaten Banjar

Madihah, Siti (2018) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK Tunas Mandiri Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (563kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Metode bermain peran merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan termasuk dalam hal meningkatkan kemandirian Anak Usia Dini. Berdasarkan hasil Penjajakan awal tingkat kemandirian anak di TK Tunas Mandiri Kabupaten Banjar yang belum berkembang secara optimal salah satunya disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang kurang menarik bagi anak.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemandirian Anak Usia Dini pada kelompok B di TK Tunas Mandiri Kabupaten Banjar yang meliputi rasa percaya diri, rasa tanggung jawab yang dimiliki anak, keterampilan dan kemampuan anak untuk melakukan sesuatu sendiri serta kemampuan anak dalam hal mengendalikan emosi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di TK Tunas Mandiri, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh metode bermain peran terhadap kemandirian Anak Usia Dini pada kelompok B di Tk Tunas Mandiri. Sampel penelitian adalah anak kelompok BI yang berjumlah 15 orang sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan metode bermain peran dan anak kelompok B2 yang berjumlah 15 orang sebagai kelompok kontrol yang mendapat perlakuan dari guru menggunakan metode konfensional atau klasikal misalnya metode ceramah dengan kegiatan seperti membaca, menulis dan berhitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian saat tes awal untuk kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen memiliki rata-rata sebesar 61,47 dan kelompok B2 Sebagai Kelompok Kontrol memiliki rata-rata sebesar 59. 60 yang berarti kedua kelompok memiliki tingkat keandirian yang relatif sama. Setelah mendapat perlakuan menggunakan metode bermain peran sebanyak 3 kali kelompok B1 memiliki rata-rata sebesar 79,07. Sedangkan tingkat kemandirian anak kelompok B2 memiliki rata-rata sebesar 69,27. Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kemandirian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, Hal itu diketahui dari perhitungan uji T bahwa nilai akhir kelompok kontrol dan eksperimen signifikansinya adalah 0,013 <0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran maupun metode konfensional dapat meningkatkan kemandirian anak akan tetapi berdasarkan hasil test akhir diketahui bahwa metode bermain peran memiliki pengaruh yang lebih signifikan terhadap kemandirian anak usia dini pada kelompok B di TK Tunas Mandiri Kabupaten Banjar .Dengan demikian diharapkan penelitian ini dapat berguna bagi sekolah untuk dijadikan pertimbangan dalam hal peningkatan efektivitas dan efisiensi pembelajaran serta sarana dan prasarana. Dan untuk guru sebagai acuan untuk dalam memlih strategi pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan bagi anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:25
Last Modified: 30 Jul 2018 06:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item