EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Jual Beli Barang Reseller di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (muamalah)

Dahlia, Dahlia (2018) Praktik Jual Beli Barang Reseller di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (muamalah). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYTAAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (896kB)

ABSTRAK

Dahlia. 2018. Praktik Jual Beli Barang Reseller di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (muamalah), Fakultas Syariah. Pembimbing: (I) Dr. H. Sukarni, M.Ag. (II) Farihatni Mulyati, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Jual Beli Barang Reseller, Khiyar ‘Aib dan Wakalah. Skripsi ini mengangkat permasalahan mengenai praktik jual beli barang Reseller di pasar Sentra Antasari Banjarmasin. Permasalahan ini dilatarbelakangi karena adanya praktik jual beli barang yang tidak dimiliki penjual, penjual menjual barang yang bukan miliknya yaitu menjual barang pedagang lain tanpa seizin pedagang atau pemilik barang tersebut. Penjual juga mengambil keuntungan dari transaksi jual beli tersebut yaitu dengan cara melebihi harga dari harga yang ada di toko lain. Dalam hal ini dapat merugikan pihak pembeli karena barang tersebut masih belum jelas kondisinya dan juga pembeli merasa dirugikan dari segi harganya. Jual beli merupakan salah satu bentuk dari muamalah. Berbagai aturan, tata cara dan hukum dalam hukum jual beli telah diatur dalam Islam agar berjalan dengan baik tanpa merugikan salah satu pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli barang yang Reseller di pasar Sentra Antasari Banjarmasin, serta untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli barang Reseller di pasar Sentra Antasari Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh dengan melakukan penelitian langsung di lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Sifat penelitian adalah bersifat deskriptif kualitatif yang berlokasi di jalan Pangeran Antasari kota Banjarmasin. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah mengenai praktik jual beli barang Reseller di pasar Sentra Antasari Banjarmasin dan subjeknya adalah diambil dari 3 pedagang sepatu atau sandal, 2 pedagang baju, dan 1 pedagang kerudung serta 6 pembeli, sehingga subjeknya menjadi 12. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian di lapangan penulis dapat menyimpulkan bahwa praktik jual beli barang Reseller di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin tidak sah menurut hukum Islam karena rukun dan syarat dalam jual beli tersebut tidak terpenuhi, karena penjual menjual barang yang bukan miliknya, yaitu dalam jual beli tersebut barangnya tidak berada di toko penjual atau belum jelas bagaimana kondisi barang tersebut, bahkan penjual mengambil keuntungan dari transaksi jual beli tersebut. Maka dalam hal tersebut bertentangan dengan prinsip Islam yang menekankan pentingnya kejujuran dalam segala kegiatan transaksinya. Dalam praktik jual beli barang Reseller di pasar Sentra Antasari Banjarmasin dapat ditarik kesimpulan hukumnya yaitu dilarang karena pembeli merasa dirugikan walaupun tetap membayar tetapi membayarnya ada unsur terpaksa dan kecewa setelah mengetahui kondisi barang yang tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pembeli.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2018 05:47
Last Modified: 02 Aug 2018 05:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10213

Actions (login required)

View Item View Item