EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Studi Kasus Penundaan Perkawinan Berdasarkan Kitab Tajul Muluk pada Masyarakat Amuntai di Kota Palangka Raya

Azmi, Muhammad Mu’ainul (2018) Studi Kasus Penundaan Perkawinan Berdasarkan Kitab Tajul Muluk pada Masyarakat Amuntai di Kota Palangka Raya. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (14MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (286kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya pasangan calon suami-istri yang ditunda perkawinannya di kota Palangka Raya. Padahal secara rukun dan syaratnya sudah terpenuhi, dan secara materi dan fisik telah siap untuk melaksanakan pernikahan. Penundaan tersebut didasari bahwa pernikahan itu harus dilaksanakan pada bulan yang baik, penentuan bulan yang baik ini diambil dalam kitab Tajul Muluk. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh bagaimana praktik penundaan perkawinan tersebut dan apa alasan pihak keluarga sehingga menunda perkawinan bagi calon suami dan istri tersebut untuk melaksanakan perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penundaan perkawinan berdasarkan kitab Tajul Muluk serta untuk mengetahui alasan yang mendasari atas penundaan perkawinan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah editing, klasifikasi dan interpretasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penundaan perkawinan berdasarkan kitab Tajul Muluk merupakan suatu perkara penentuan hari baik untuk pernikahan. Penundaan perkawinan yang dijelaskan oleh syariat Islam adalah apabila tidak memenuhi rukun dan syaratnya untuk menikah maka ditunda hingga dipenuhinya rukun dan syarat tersebut. Adapun alasan yang dikemukakan oleh para informan adalah karena ingin pernikahan nantinya sesuai dengan faedah-faedah bulan yang baik dan buruk yang terkandung di dalam kitab Tajul Muluk. Alasan lainnya ada pula salah satu pasangan yang mengatakan bahwa penundaan ini sebagai jalan mempersiapkan kesiapan diri sebelum menjalani pernikahan. Alasan lainnya menganggap penundaan perkawinan tersebut merupakan adat yang berlaku di daerah Amuntai yang tetap dipegangi oleh orang yang berasal dari kota tersebut dan dilaksanakan secara turun-temurun oleh pihak keluarga. Apabila alasan-alasan tersebut dipertimbangkan dengan hukum Islam, maka alasan tersebut tidak bisa dijadikan sebagai rujukan pertama.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:05
Last Modified: 13 Aug 2018 06:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item