EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Tahfizh Alquran pada Keluarga Masyarakat Desa Sei Gampa Asahi Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Batola

Rosyidah, Rosyidah (2018) Pendidikan Tahfizh Alquran pada Keluarga Masyarakat Desa Sei Gampa Asahi Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Batola. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Rosyidah; Pendidikan Tahfizh Alquran pada Keluarga Masyarakat Desa Sei Gampa Asahi Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Batola, di bawah bimbingan I: Dr. H. Abdul Basir, M.Ag., dan II: Dr. Daud Yahya, M.Ag., pada Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, 2018. Kata Kunci: Pendidikan, Tahfizh, Alquran, Keluarga Penelitian ini berlatar belakang pentingnya para orang tua memberikan pendidikan agama bagi anak. Adapun pendidikan agama yang paling mulia diberikan kepada anak yaitu pendidikan Alquran, karena Alquran sebagai kitab suci umat Islam dan menjadi petunjuk bagi kehidupan. Namun, orang tua tidak hanya cukup memberikan pendidikan Alquran. Para orang tua hendaknya juga dapat memberikan pendidikan tahfizh Alquran. Hal ini dilakukan agar anak menjadi generasi yang senantiasa mencintai Alquran dengan cara membaca, menghapal serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadikan 3 keluarga masyarakat desa Sei Gampa Asahi melaksanakan pendidikan tahfizh Alquran bagi anak. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di desa Sei Gampa Asahi Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Batola. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 keluarga yang melaksanakan pendidikah tahfizh Alquran di desa Sei Gampa Asahi. Sedangkan objek penelitian adalah pendidikan tahfizh Alquran pada 3 keluarga masyarakat di desa Sei Gampa Asahi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data adalah teknik triangulasi. Hasil temuan penelitian ini diperoleh bahwa pendidikan tahfizh Alquran pada keluarga masyarakat desa Sei Gampa Asahi Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Batola meliputi; (1) Tujuan yaitu agar anak menjadi seorang hafizh Alquran, mampu menjadi imam, dan dapat memberikan hadiah mahkota untuk kedua orang tuanya serta membawa 7 anggota keluarganya masuk surga dan bahagia dunia akhirat. (2) Waktu pelaksanaannya yaitu siang, setelah asar, magrib, isya dan subuh. (3) Tempatnya di depan kamar tidur, di depan pintu, dalam ayunan, dan di ruang tamu. (4) Media yang dipakai yaitu juz ‘amma ,Alquran pojok, handphone, dan VCD. (5) Metode yang digunakan dalam pendidikan Tahfizh Alquran yaitu metode wahdah, kitabah dan sima’i. (6) Respon anak yaitu anak merespon dengan baik yakni anak sangat antusias dalam menghapal. (7) Evaluasi yaitu berupa muraja’ah dengan cara sambung ayat dibacakan secara acak dalam 1 juz/satu surah. (8) Sanksi yaitu nasihat dan reward yaitu diberikan uang, mainan, janji, dan pujian. (9) Problematika yang dihadapi yaitu kesibukkan orang tua, ekomomi, kurang semangat, lupa hapalan, ingin menonton televisi, anak lelah dan suka bermain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 13 Aug 2018 07:12
Last Modified: 13 Aug 2018 07:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item