EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Relasi Antara Kewajiban Anak Dan Orang Tua (Studi Kasus Pengamalan Ajaran Alquran bagi Masyarakat di Desa Pindahan Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan)

Abdan, M.Syarwani (2018) Relasi Antara Kewajiban Anak Dan Orang Tua (Studi Kasus Pengamalan Ajaran Alquran bagi Masyarakat di Desa Pindahan Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (508kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Berbagai model pengamalan Alquran sudah dilakukan, mulai dari pemahaman dan pendalaman maknanya saja sampai ada yang membaca Alquran sebagai ritual ibadah atau untuk memperoleh sebuah ketenangan jiwa. Bahkan ada pula model pengamalan Alquran yang menjadikannya sebagai media dalam melaksanakan sebuah kewajiban diantaranya kewajiban anak kepada orang tua begitu juga sebaliknya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan lokasi di Desa Pindahan Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar, studi Living quran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, menganalisanya dengan teori Alquran, sosial dan Living quran serta menggunakan pendekatan scientific cum doctrine yakni perpaduan antara metode ilmiah dengan perspektif agama islam. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah para anak dan orang tua (dua keluarga) yang ada di Desa Pindahan Baru dan masyarakat secara umum yang mengamalkan Alquran sebagai aspek utama. Sedangkan objek penelitian ini adalah, pengamalan anak terhadap hak dan kewajibanya kepada orang tua dan pengamalan orang tua terhadap hak dan Kewajibannya kepada anak dan relasi/hubungan antara anak dan orang tua dalam mengamalkan hak dan kewajiban. Setelah dilakukan penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: hasil dilapangan menunjukan, bahwa kewajiban adalah tanggung jawab yang harus diemban sebagai manusia sebagai makhluk ciptaan Allah, karena kewajiban anak kepada orang tua dan kewajiban orang tua kepada anak adalah sebuah keharusan apabila dikerjakan mendapat pahala dan meninggalkannya mendapat dosa. Sebagai seorang anak berkewajiban untuk bersikap lemah lembut dan sopan kepada kedua orang tua, memperlakukan mereka dengan kasih sayang, mentaati apa yang diperintahkan orang tua, mendo’akan kedua orang tua, dan memberikan harta waris apabila anak tersebut memiliki harta. Sedangkan kewajiban orang tua kepada anak adalah memberikan makan, tempat tinggal, nafkah, pemberian nama yang baik kepada anak, aqiqah, mendidik anak dengan agama sedini mungkin, memberikan nasehat dan teladan kepada anak, mengawasi anak dengan siapa berteman, memberikan keadilan kepada anak-anaknya, dan memberikan harta warisan sesuai dengan anjuran agama Islam. Akan tetapi ada juga anak dan orang tua tidak menjalankan kewajiban mereka. orang tua harus menjalin hubungan baik dengan orang tua karena anak dan orang tua satu kesatuan akan tidak berjalan baik karena tidak diajarkan bagaimana cari menjalin hubungan baik dengan orang tuanya sendiri maupun orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: M. Syarwani Abdan
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:15
Last Modified: 20 Aug 2018 03:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

View Item View Item