EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tuan Guru H. Muhammad Nur dan Pengajian Rabuan Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut

Ikhsan, Muhammad Raji (2018) Tuan Guru H. Muhammad Nur dan Pengajian Rabuan Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (51MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR FUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (69MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi keingintahuan yang besar mengenai riwayat hidup Tuan Guru H. Muhammad Nur beserta Pengajian Rabuan di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut yang beliau pimpin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui riwayat hidup Tuan Guru H. Muhammad Nur serta untuk mengetahui hal-hal yang bersangkutan dengan kegiatan di pelaksanaan pengajian rabuan asuhan Tuan Guru H. Muhammad Nur di kecamatan takisung kabupaten tanah laut. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kediaman anak dari Tuan Guru H. Muhammad Nur beserta di tempat kediaman murid-murid beliau. Subjek penelitian ini adalah salah satu anak dan 3 murid Tuan Guru H. Muhammad Nur dan Adapun yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah peran Guru H. Muhammad Nur dan Pengajian Rabuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yakni penulis mencari buku serta jurnal yang berkaitan dengan Tuan Guru H. Muhammad Nur dan terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti . Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (Content Analysis) tentang Riwayat hidup serta Pengajian Rabuan Tuan Guru H. Muhammad Nur. Hasil penelitian ini adalah Tuan Guru H. Muhammad Nur dilahirkan dalam perantauan di pulan Jawa pada tahun 1918 tepatnya daerah Kediri dan Tuan Guru H. Muhammad Nur wafat pada usia 75 tahun yaitu pada tanggal 10 November 1993 atau bertepatan dengan 25 Jumadil Awal 1414 H serta pengajian Rabuan yang dilaksanakan setiap hari Rabu pada siang hari dan dihadiri oleh bapak-bapak serta ibu-ibu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: raji raji ikhsan
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:05
Last Modified: 21 Aug 2018 07:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10552

Actions (login required)

View Item View Item