EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Di Kementerian Agama Kota Banjarmasin

Sari, Anita Puspita (2018) Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Di Kementerian Agama Kota Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Diangkatnya judul ini menjadi sebuah judul penelitian adalah karena sumber daya manusia merupakan salah satu kunci sukses dalam keberhasilan sebuah instansi/lembaga, terutama instansi/lembaga pemerintahan yang mengatur tentang permasalahan dibidang keagamaan. Sudahkah mereka benar-benar menerapkan nilai-nilai Islam seperti yang semestinya atau hanya sekedarnya saja dalam proses manajemen sumber daya manusianya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa dan bagaimana implementasi nilai-nilai Islam yang diterapkan daloam manajemen sumber daya manusia di Kementerian Agama Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field Research dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang bersifat secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat daerah tertentu, yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa implentasi nilai-nilai islam dalam manajemen sumber daya manusia di kementerian Agama Kota Banjarmasin, sudah sesuai dengan teori yang ada dalam penelitian ini. Selaku instansi pemerintahan yang beruang lingkup dalam ranah keagamaan, sudah menerapkan nilai-nilai Islam seperti dalam kegiatan manajemen sumber daya manusia yang meliputi proses rekruitmen (akidah dan akhlak), seleksi dan penempatan (akidah, akhlak dan syariah), pelatihan dan pengembangan (akidah dan akhlak), kompensasi balas jasa(syariah dan akhlak), produktivitas dan kesehatan (akhlak dan akidah), serta mutasi dan pemutusan hubungan kerja (akidah dan syariah) yang masuk dalam sub-sub nilai Islam. Namun ternyata baik atau buruknya sumber daya manusianya itu kembali lagi kepada individunya masing-masing. Adapun saran yang ingin disampaikan penulis adalah, hendaknya Kemenag Kota Banjarmasin lebih mengoptimalkan lagi penerapan nilai-nilai Islam dalam manajemen sumber daya manusianya, agar menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas sehingga dapat memberikan kontribusi dengan kementerian agama seandainya semua orang mengaplikasikan dengan benar nilai-nilai ke Islaman tersebut, maka akan lahir aparatur sipil negara yang bersih dan berwibawa dibawah nilai-nilai ke Islaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Anita Puspita Sari
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:47
Last Modified: 05 Oct 2018 02:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item