EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Keagamaan Terhadap Pasien Pecandu Narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar

Ramadhan, Rizqullah Shofi (2018) Pembinaan Keagamaan Terhadap Pasien Pecandu Narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (890kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Rizqullah Shofi Ramadhan. 2018. Pembinaan Keagamaan Terhadap Pasien Pecandi Narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Dr. Hairul Hudaya, M.Ag (II) Dra. Hj. Rusdiana Hamid, M.Ag Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembinaan keagamaan yang dilakukan terhadap pasien pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar meliputi kegiatan keagamaan Islam seperti pengajaran, pengamalan, kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial serta untuk mengetahui apa metode yang digunakan dalam membina pasien pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar dalam memberikan pembinaan terhadap pasien meliputi metode ceramah, tanya jawab, praktek, dan pembiasaan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai kegiatan pembinaan keagamaan yang dilakukan terhadap pasien pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar meliputi kegiatan keagamaan Islam seperti pengajaran, pengamalan, kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial serta apa metode yang digunakan dalam membina pasien pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar dalam memberikan pembinaan terhadap pasien meliputi metode ceramah, tanya jawab, praktek, dan pembiasaan. Metode ini menggunakan metode kualitatif yaitu dimana peneliti menggambarkan pembinaan keagamaan yang dilakukan terhadap pasien pecandu narkoba. Subjek dalam penelitian ini adalah para Pembina sedangkan yang menjadi Objek dalam penelitian ini adalah pembinaan keagamaan yang dilakukan terhadap pasien pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar dan yang menjadi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan keagamaan yang dilakukan terhadap pasien pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar dapat dilihat dari kegiatan pembinaan keagamaan dan metode yang digunakan Pembina dalam membina keagamaan para pasien pecandu narkoba. Adapun kegiatan yang dilakukan melalui pengajaran meliputi pengajaran bersuci, shalat, mengaji dan kegiatan ta’lim. Melalui pembiasaan seperti shalat fardhu berjamaah 5 waktu, pembacaan yasiin berjamaah, qiyamul lail setiap sabtu pagi dan puasa wajib maupun Sunnah. Melalui kegiatan keagamaan lain seperti maulid habsyi pada hari-hari besar Islam dan kegiatan social seperti olahraga dan bersih-bersih. Adapun metode yang digunakan ceramah, praktek, Tanya jawab, dan pembiasaan. Dengan melaksanakan kegiatan ini selama rehabilitasi diharapkan pasien setelah program rehabilitasinya selesai para pasien tidak kembali menggunakan nerkoba.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizqullah Shofi Ramadhan
Date Deposited: 14 Dec 2018 07:32
Last Modified: 14 Dec 2018 07:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10843

Actions (login required)

View Item View Item