EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Fikih Pada Pondok Pesantren Al Falah Putri Banjarbaru (Perspektif Wanita)

Maris, Lisna Milha (2018) Pembelajaran Fikih Pada Pondok Pesantren Al Falah Putri Banjarbaru (Perspektif Wanita). Tesis, Pascasarjana.

[img] Image
SURAT PERNYATAAN.jpg

Download (823kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (359kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (44kB)

ABSTRAK

Mempelajari Islam adalah kewajiban pertama setiap Muslim yang sudah aqil baligh.Wanita merupakan bagian dari elemen masyarakat, sehingga secara otomatis, mereka juga memiliki andil dan tugas dalam menata dan memperbaiki masyarakat. Dalam penelitian ini dibuat karena ditemukan masih belum adanya pembelajaran fikih yang membahas dari sudut pandang wanita, seperti thaharah, haid, nifas, istihadhah dan shalat pada wanita dijelaskan secara mendetail dalam pengajarannya, hanya ada sebagian materi yang dijelaskan sesuai kebutuhan wanita, tidak semua. Padahal semua materi dalam fikih itu sangat penting diketahui dan sangat perlu penjelasan yang mendetail bagi para wanita khususnya yang berkaitan dengan wanita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali tentang pembelajaran Fikih pada Pondok Pesantren Al Falah Putri dari segi perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang berkaitan dengan masalah-masalah tentang thaharah dan shalat pada wanita. Untuk mnegetahui sebagaimana tujuan diatas, maka digunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif Deskriftif, yaitumediskripsikan secara kualitatif data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi, kemudian dianalisis secara kaulitatif sehingga dapat menggambarkan dengan jelas hasil penelitian pembelajaran Fiqih di MTs Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di MTs Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaruini menggunakan dua pendekatan dalam proses pembelajarannya yaitu Pendekatan yang menggunakan kurikulum standar nasional yang diajarkan oleh Ustadzah Drs. Hj. Siti Darmatasiah dengan kurikulum 2013 nya beliau memulai pembelajaran dengan terlebih dahulu menyiapkan perencanaan dengan matang mulai dari menentukan waktu efektif belajar, program tahunan, program semesteran, silabus dan diakhiri dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Setelah perencanaan itu matang dan lengkap baru beliau melaksanakan proses pembelajaran dikelas Setelah selesai proses pelaksanaan pembelajaran kemudian beliau melaksanakan proses evaluasi pembelajaran terkait dengan apa yang sudah disampaikan dalam proses pelaksanaan pembelajaran sejauh mana sudah tingkat ketercapaian pembelajaran dengan tujuan yang diigninkan oleh standar pendidikan nasional pada jenjang MTs. Kemudian pendekatan atau kurikulum pondok pesantrennya diajarkan oleh Ustadzah Ainun Marfu’ah dengan kitab yang digunakan adalah kitab klasik matan alghayah wa at taqriib. Beliau mengajarkan kitab itu menggunakan metode klasik yaitu dengan metode sorongan, wetonan, dan bandungan sebagaimana beliau dulu belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: lisna milha maris
Date Deposited: 03 Jan 2019 06:59
Last Modified: 03 Jan 2019 06:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10892

Actions (login required)

View Item View Item