EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Fikih Terhadap Pecandu Narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar

Azhari, M. Fathurrahman (2018) Pendidikan Fikih Terhadap Pecandu Narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (219kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (379kB)

ABSTRAK

Muhammad Fathurrahman Azhari. 2018. Pendidikan Fikih Terhadap Pecandu Narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Mudhi’ah, M. Ag (II) Muhdi, M. Ag. Berdasarkan latar belakang masalah, maka fokus masalah ini berfokus kepada pendidikan fikih terhadap pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar dan faktor yang mendukung dan menghambat dalam pendidikan fikih terhadap pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar. Berdasarkan fokus masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan fikih terhadap pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar serta untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pendidikan fikih terhadap pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data penulisan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi semua data yang terkumpul diproses melalui reduksi, editing, klasifikasi dan verifikasi. Kemudian untuk mengalisis data penulis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan disimpulkan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa dalam pendidikan fikih terhadap pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Kabupaten Banjar meliputi perencanaan yang dimana pasien narkoba sebelum mengikuti rehabilitasi pasien untuk merenungi kesalahan selama 3 hari, adapun pelaksanaannya dilakukan 28 pertemuan dalam 1 bulan dari sholat wajib dan sholat sunnah dan kelas religi serta terdapat pembelajaran meliputi materi Thaharah dan Salat yang menggunakan metode ceramah dan demontrasi dalam penyampaian materi tersebut dan adanya evaluasi setiap pelaksanaannya, serta evaluasi program yang dimana para pasien diharuskan tes secara lisan oleh pembina secara langsung dengan menghapal sesuai yang sudah ditentukan. Adapun faktor mendukung yaitu sarana yang terpenuhi dan memadai, pembina yang berpengalaman dalam bidang agama, dan respon yang baik dari pasien serta lingkungan yang memadai dan kekeluargaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Azhari M. Fathurrahman
Date Deposited: 11 Jan 2019 06:32
Last Modified: 11 Jan 2019 06:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10904

Actions (login required)

View Item View Item