EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Akhlak Pada Anak Dalam Keluarga Pedagang Pasar Terapung Lok Baintan Di Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar (Kasus Pada Empat Orang Anak).Tesis. Jurusan pendidikan Agama Islam. Pembimbing: Prof.Dr.H. Ridhanani Fidzi, M. Pd dan Dr. Hj. Mila Hasanah, M.Ag.

lusiyana, lusiyana (2018) Pendidikan Akhlak Pada Anak Dalam Keluarga Pedagang Pasar Terapung Lok Baintan Di Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar (Kasus Pada Empat Orang Anak).Tesis. Jurusan pendidikan Agama Islam. Pembimbing: Prof.Dr.H. Ridhanani Fidzi, M. Pd dan Dr. Hj. Mila Hasanah, M.Ag. Tesis, Pascasarjana Uin Antasari.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (505kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (691kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak pada anak dalam keluarga pedagang pasar terapung Lok Baintan di Desa paku alam kecamatan sungai tabuk kabupaten banjar (kasus pada empat orang anak) meliputi dasar, tujuan, pendidik, anak didik, metode, media dan lingkungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumenter. jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. adapun analisis penulis menggunakan pendekatan deskriftif analitis yakni menjelaskan tentang pendidikan akhlak pada keluarga pedagang di desa paku alam teknik pengolahan data melalui pengumpulan, penyusunan data sedemikian rupa selanjutnya data tersebut dianalisis dan diinterprestasikan. subjek penelitian ini adalah keluarga pedagang pasar terapung Lok Baintan, objek penelitian ini adalaah pendidikan akhlak bagi keluarga pedagang pasar terapung. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkaan bahwa dasar pendidikan akhlak terbagi menjadi dua ada secara umum yakni berpedoman pada Alquran dan hadits dan secara khusus berpedoman pada sistem keluarga masing-masing. Tujuan pendidikan akhlak yakni berbakti kepada orangtua dan berperilaku mulia, mempertimbangkan dan mempertanggungjawabkan perbuatan dan membiasakan untu7k berakhlak. pendidik atau orangtua mengajarkan berperilaku baik atau berakhlak dan anak-anak tugasnya mencari ilmu dan berakhlak mulia kepada Allah, orangtua dan berakhlak mulia kepada lingkungan. Anak usia 7-14 bahwa ditikberatkan pada pembentukan disiplin dan moral (Addibhu) sedangkan usia 0-7 dalam fase perkembangan dengan cara belajar sambil dan mengidentifikassikasikan diri. Adapun perbedaan dari metode yang digunakan yakni keluarga R menggunakan empat Metode: keteladanan, pembiasaan, larangan, pengalaman.keluarga LH menggunakan tiga metode : keteladanan, pembiasaan, penghayatan, penggunaan media yang digunakan berbeda yakni bapak R medianya televisi dan handphone, keluarga LH Medianya televisi dan radio sedangkan keluarga Z dan HA memiliki kesamaan menggunakan satu media saja yakni televisi. lingkungan di desa paku alam pergaulan masih bersifat anak desa. tidak ada pergaulan bebas, daerahnya masih memiliki hukum adat yang masih berlaku sehingga masyarakatnya aman dan tertib.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: lusi yana
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:55
Last Modified: 10 Jan 2019 06:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10908

Actions (login required)

View Item View Item