EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Doa-Doa Nabi Ibrahim As. Di Dalam Alquran

Wahyunita, Wahyunita (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Doa-Doa Nabi Ibrahim As. Di Dalam Alquran. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Doa merupakan ibadah, dan juga merupakan senjatanya umat Islam. Sehingga doa merupakan aspek penting yang menjadi penghubung kedekatan seorang hamba kepada Tuhannya. Dengan berdoa maka akan terlaksana suatu usaha seseorang dalam mencapai apa yang diinginkan. Di dalam Alquran terkandung berbagai macam doa, di antaranya doa-doa Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim merupakan bapaknya para Nabi. Permasalahan dalam skripsi ini dirumuskan sebagai berikut: Apa saja doa-doa Nabi Ibrahim As di dalam Alquran. Dan apa nilai-nilai pendidikan Islam di dalam doa-doa Nabi Ibrahim As. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja doa-doa Nabi Ibrahim As. di dalam Alquran. Dan apa nilai-nilai pendidikan Islam di dalam doa-doa Nabi Ibrahim. As. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang menjadi bahan pustaka sebagai pokok bahasan. Yakni teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku atau literatur-literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang dipecahkan. Pendekatan yang penulis lakukan adalah pendekatan deskriptif analitis, yaitu pencarian berupa fakta, hasil, dan ide pemikiran seseorang, melalui cara mencari, menganalisis, membuat interpretasi serta melakukan generalisasi terhadap hasil penelitian yang dilakukan. Prosedur penelitian ini adalah untuk menghasilkan data deskriptif yang berupa data tertulis setelah melakukan analisis pemikiran dari suatu teks. Objek telaah penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada doa-doa Nabi Ibrahim As. di dalam Alquran yang digali melalui Alquran dan tafsirnya, serta buku-buku yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Ada terdapat 19 ayat Alquran yang mengisahkan tentang doa-doa Nabi Ibrahim As., yang terdiri dari QS. Al-Baqarah ayat 126-129; QS. Ibrahim ayat 35-41; QS. As-Syu’ara ayat 83-87; QS. Ash-Shaffat ayat 100; dan QS. Al-Mumtahanah ayat 4-5. Doa-doa Nabi Ibrahim As. di dalam Alquran tersebut mengandung Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang mencakup aspek Akidah, Ibadah dan Akhlak. Hal tersebut dapat diketahui bahwasannya ternyata doa-doa yang Nabi Ibrahim As. panjatkan tidak hanya sekedar permohonan semata, dari seorang hamba terhadap Tuhannya. Namun didapati adanya nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam doa-doa beliau.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Wahyunita Wahyunita
Date Deposited: 18 Jan 2019 01:19
Last Modified: 18 Jan 2019 01:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10961

Actions (login required)

View Item View Item