EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Karakter Anggota Pramuka pada Gugus Depan di MIN Kabupaten Hulu Sungai Utara

Fathurrahman, Fathurrahman (2019) Pembinaan Karakter Anggota Pramuka pada Gugus Depan di MIN Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (469kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Penelitian ini adalah pembinaan karakter anggota pramuka pada gugus depan di MIN Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini beranjak dari pengamatan awal penulis bahwa usia yang paling urgen dalam pembinaan karakter adalah usia sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah dan dari sekian banyak MIN di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penulis meneliti 5 MIN, yakni MIN Jumba, MIN Teluk Daun, MIN Kandang Halang, MIN Panyiuran, dan MIN Banyu Tajun Hulu. Berdasarkan pernyataan di atas, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan karakter anggota pramuka pada gugus depan siswa melalui kegiatan rutin kepramukaan pada MIN di Kabupaten HSU. Adapun kegiatan rutin kepramukaan pada MIN di Kabupaten HSU yang diteliti, seperti upacara kepramukaan, pemberian materi kepramukaan (teori dan peraktek), dan bermain. 1) Upacara Kepramukaan. Kegiatan upacara kepramukaan pada MIN di Kabupaten HSU yang diteliti menunjukan, bahwa ada beberapa nilai-nilai karakter yang termuat pada kegiatan upacara kepramukaan tersebut, seperti religius, jujur, toleransi, kedisiplinan, kerja keras, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, dan tanggung jawab. 2) Pemberian Materi Kepramukaan (teori dan peraktek). a) Materi kepramukaan berupa teori. Kegiatan pemberian materi berupa teori kepramukaan pada MIN di Kabupaten HSU yang diteliti menunjukan, bahwa ada beberapa nilai-nilai karakter yang termuat pada kegiatan pemberian materi berupa teori kepramukaan tersebut, seperti jujur, disiplin, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan tanggung jawab. b) Materi kepramukaan berupa peraktek. Kegiatan pemberian materi berupa peraktek kepramukaan pada MIN di Kabupaten HSU yang diteliti menunjukan, bahwa ada beberapa nilai-nilai karakter yang termuat pada kegiatan pemberian materi berupa peraktek kepramukaan tersebut, seperti disiplin, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan tanggung jawab. c) Bermain. Kegiatan kepramukaan berupa permainan pada MIN di Kabupaten HSU yang diteliti menunjukan, bahwa ada beberapa nilai-nilai karakter yang termuat pada kegiatan kepramukaan berupa permainan tersebut, seperti jujur, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:15
Last Modified: 30 Jan 2019 07:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11040

Actions (login required)

View Item View Item