EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pembiayaan Modal Kerja Usaha Kecil iB Hasanah Pada BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin

Kamariah, Kamariah (2019) Analisis Pembiayaan Modal Kerja Usaha Kecil iB Hasanah Pada BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (807kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (154kB)

ABSTRAK

Latar belakang Penelitian ini adalah BNI Syariah memilik pembiayaan berupa usaha kecil iB Hasanah dengan mengajukan pembiayaan produktif yaitu pembiayaan usaha-usaha produktif (modal kerja dan investasi), dimana modal kerja adalah pembiayaan jangka pendek yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk membiayaan jangka pendek yang diberikan kepada perusahaan untuk membiayai kebutuhan modal kerja usahanya berdasarkan prinsip-prinsip syariah dengan menggunakan akad mudharabah. Sedangkan usaha kecil yaitu pembiayaan yang hanya diberikan kepada pengusaha yang sudah memiliki usaha selama kurang lebih 2 tahun. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dalam pembiayaan modal kerja usaha kecil iB Hasanah pada BNI Syariah Cabang Banjarmasin dan mengetahui bagaimana gambaran dalam pembiayaan modal kerja usaha kecil iB Hasanah pada BNI Syariah Cabang Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (feild research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah pihak Bank BNI Syariah. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul diolah melalui proses: pengeditan, kategorisasi, dan deskripsi. Kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, pertama: Dalam penggunaan pembiayaan modal kerja usaha kecil, pembiayaan digunakan bagi pengusaha yang kekurangan dana, pembiayaan yang diberikan kepada nasabah besarannya disesuaikan dengan keinginan nasabah dan kemampuan nasabah untuk membayarnya kembali. Modal yang diberikan kepada nasabah yaitu dari 1 Milyar sampai 30 Milyar. Pelaksanaan pembiayaan ini menggunakan akad mudharabah dimana modal yang diberikan 100% dari pihak bank. Kedua : Berdasarkan hasil analisis terhadap pembiayaan modal kerja usaha kecil iB Hasanah bank BNI Syariah menunjukkan bahwa pembiayaan ini telah memenuhi semua mikanisme pembiayaan dan tehnik pembiayaan yang diharuskan, baik dari pembiayaannya sendiri yaitu sudah menggunakan analisis 3C (Character, Capacity, Collateral). Sehingga analisis ini sangat diperlukan dalam menentukan nasabah yang layak mendapatkan peminjaman pembiayaan modal kerja usaha kecil iB Hasanah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Skripsi Kamariah Kamariah
Date Deposited: 31 Jan 2019 06:44
Last Modified: 31 Jan 2019 06:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11042

Actions (login required)

View Item View Item