EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Fiqih Klasik di Pondok Pesantren Darul Ilmi

Muhammad Ramadhan, Akbari (2018) Pembelajaran Fiqih Klasik di Pondok Pesantren Darul Ilmi. Skripsi, Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (599kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (234kB)

ABSTRAK

Muhammad Ramadhan Akbari. 2018. Pembelajaran Fiqih Klasik di Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I). H. Surawardi, M. Ag (II). Nuryadin, M. Ag Peneltitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran fiqih klasik di Pondok Pesantren Darul Ilmi, yang meliputi metode yang digunakan pada pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan mengambil lokasi penelitian di Pondok Pesantren Darul Ilmi. Karenanya untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis melakukan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dokumentar kelapangan langsung untuk mendapatkan data yang diperlukan. Melalui pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yaitu : dari hasil wawancara ustadz yang mengajar fiqih tersebut sebelum melakukan pengajaran tidak ada hal-hal yang dipersiapkan, dan hanya metode ceramah, tanya jawab, dan kelompok yang digunakan serta evaluasi dengan cara membaca isi kitab tersebut dan memperhatikan tingkah laku para santri. Kemudian penulis melakukan observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian menunjukkan pembelajaran fiqih Di Pondok Pesantren Darul Ilmi sudah berjalan dengan baik. Meski ada beberapa hal kekurangan dalam pengajaran tersebut. Penelitian ini membahas tentang bagaimana guru fiqih melaksanakan pembelajaran fiqih di Pondok pesantren Darul Ilmi dan metode apa saja yang digunakan guru fiqih dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian pembelajaran fiqih klasik di pondok pesantren Darul Ilmi adalah untuk mengetahui bagaimana karakterisitik pembelajaran fiqih klasik di pondok pesantren Darul Ilmi dan metode apa saja yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan mengambil subjek dan objek penelitian, subjek penelitian adalah 1 orang guru mata pelajaran fiqih. Objek penelitian adalah karakteristik pembelajaran fiqih klasik di pondok pesantren Darul Ilmi Banjarbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik pengolahan data menggunakan koleksi data, editting, dan klasifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa pembelajaran fiqih klasik pondok pesantren Darul Ilmi masih menggunakan pembelajaran klasik yaitu dengan ceramah dan tanya jawab yang telah turun temurun dilaksanakan oleh guru-guru terdahulu. Dan kitab yang digunakan sebagai bahan pembelajaran fiqih juga tidak pernah berubah khususnya di kelas VI Muallimin sejak dahulu yaitu kitab I’anah At- Thalibin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dadan Muhammad Ramadhan Akbari
Date Deposited: 31 Jan 2019 05:54
Last Modified: 31 Jan 2019 05:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11050

Actions (login required)

View Item View Item