EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Produksi Kayu Arang di Desa Ranggang Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut

Aiba, Nor (2019) Manajemen Produksi Kayu Arang di Desa Ranggang Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya usaha produksi kayu arang di Desa Ranggang Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut yang banyak menarik perhatian masyarakat sekitarnya untuk melakukan usaha tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi masyarakat melakukan usaha kayu arang di Desa Ranggang dan untuk mengetahui manajemen produksi kayu arang di Desa Ranggang Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat di Desa Ranggang yang memiliki usaha kayu arang dan objek penelitian ini adalah faktor yang memengaruhi masyarakat di Desa Ranggang melakukan usaha kayu arang dan manajemen produksi kayu arang di Desa Ranggang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, di mana pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi masyarakat Desa Ranggang melakukan usaha kayu arang adalah keuntungan yang dianggap masyarakat lebih mudah didapatkan, meneruskan usaha keluarga, memanfaatkan harta yang ada seperti tanah/lokasi yang strategis, dan permintaan dari konsumen maupun perusahaan terhadap kayu arang di Desa Ranggang sering meningkat. Adapun manajemen produksi yang diterapkan oleh para pengusaha kayu arang di Desa Ranggang bisa dianggap baik karena mempunyai perencanaan yang dianggap dapat memotivasi produksi kayu arang agar kedepannya dapat terus berkembang, pemimpin yang mampu mengatur dan mengarahkan para pekerjanya untuk bekerjasama mencapai tujuan usaha, pemimpin dan pekerja yang bertugas selalu melakukan pengawasan dari awal produksi sampai tahap akhir. Namun produksi kayu arang yang dijalankan oleh para pengusaha kayu arang di Desa Ranggang tidak ada yang namanya admin dan kasir, hanya ada pekerja dan pengawas produksi,. Sehingga dianggap belum sesuai dengan fungsi manajemen karena organisasi pekerja dalam produksi kayu arang yang dimiliki para pengusaha rata-rata belum terkoordinasi dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Aiba Nor
Date Deposited: 04 Feb 2019 06:30
Last Modified: 04 Feb 2019 06:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item