EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan melalui Program Ma’had Al- Jami’ah kepada Mahasiswi di Asrama II Puteri UIN Antasari Banjarmasin

Inayah, Jamiatul (2019) Pendidikan melalui Program Ma’had Al- Jami’ah kepada Mahasiswi di Asrama II Puteri UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (542kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (175kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan melalui Program Ma’had Al- Jami’ah kepada Mahasiswi di Asrama II Puteri UIN Antasari Banjarmasin, metode yang digunakan dan kendala yang dihadapi pembimbing dalam proses Pendidikan . Subjek penelitian ini adalah murabbiyah (kepala asrama), delapan orang musyrifah (pembimbing) dan mahasiswi di asrama puteri II Ma’had al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Sedangkan objek penelitian ini adalah pendidikan melalui program, metode dan kendala yang dihadapi pembimbing dalam pendidikan melalui program Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi serta interpretasi data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah pendidikan melalui program kepada mahasiswi di asrama puteri II Ma’had al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin adalah kegiatan dilaksanakan dan dikonsentrasikan pada malam hari yaitu dimulai pukul 18.00 sampai 06.00 WITA. Kegiatan harian yaitu halaqoh dilaksanakan pada malam Senin, dan malam Kamis. Kegiatan mingguan tausiah keagamaan dilaksanakan pada malam Senin, malam Rabu, malam Sabtu, dan malam Minggu kegiatan maulid habsyi atau membaca surah Al- Kahfi, malam Kamis kegiatan muhadharah dan qiamul lail dilaksanakan setiap malam. Semua kegiatan dilaksanakan dan diawasi oleh murabbiyah dan dewan musyrifah selama pemondokan. Murabbiah memberikan bimbingan serta mengontrol kelancaran kegiatan program berlangsung yang dibantu oleh musyrifah. Metode yang digunakan adalah punishment, ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan metode drill. Kendala yang dihadapi pembimbing adalah kemampuan mahasiswa dibawah standar Ma’had al-Jami’ah, minat dan ketidak ikhlasan hati mahasiswa dalam mengikuti program asrama serta waktu yang relatif singkat berkisar 45 menit sehingga pembelajaran kurang maksimal. Evaluasi kegiatan program yang dilakukan terhadap mahasiswi melalui dua bentuk evaluasi yaitu bentuk lisan dan praktek ibadahyang dilakikan diakhir pemondokan wajib dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh mahasantriawti/ mahasiswi untuk penentuan kelulusan asrama.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Jamiatul Inayah
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:10
Last Modified: 12 Feb 2019 02:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item