EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Lembaga Jaminan di Perbankan Syariah (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)

Hidayatullah, Muhammad Syarif (2019) Penerapan Lembaga Jaminan di Perbankan Syariah (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Muhammad Syarif Hidayatullah; Penerapan Lembaga Jaminan di Perbankan Syariah (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Tesis, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, di bawah bimbingan I: Dr. Syaugi Mubarak Seff, MA dan bimbingan II: Dr. Mahmud Yusuf, M.Si pada Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, (2019). Kata Kunci: Lembaga Jaminan, Pembiayaan, Perbankan Syariah, Rahn. Penelitian ini berlatar belakang bahwasanya lembaga jaminan yang berlaku dan diterapkan di bank syariah samahalnya dengan lembaga jaminan yang diterapkan oleh bank konvensional. Lembaga jaminan di perbankan syariah mengikuti lembaga jaminan sesuai aturan hukum positif yang pada dasarnya merupakan terapan dari lembaga hukum barat yang sebagian adalah hukum warisan belanda seperti gadai dan hipotik yang tertera dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata). Maka dari itu lembaga jaminan di perbankan syariah bukanlah lembaga jaminan yang khusus ditujukan bagi bank syariah, melainkan bank syariah mengadopsi operasional sepertihalnya bank konvensional dalam perkara pengikatan jaminan kebendaan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan menerapkan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan maslahat. Analisis terhadap bahan hukum bersifat preskriptif dengan menggunakan logika deduktif. Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu: pertama, aturan hukum lembaga jaminan dalam operasional Perbankan Syariah masih berpayung hukum kepada undang-undang lembaga jaminan dengan karakteristik sistem kredit perbankan konvensional yang dalam ketentuan undang-undang tersebut, substansinya tidak semua pasal secara prosedural mencerminkan karakteristik pembiayaan di bank syariah bahkan bertentangan dengan asas hukum perbankan syariah. Dengan begitu ada kekosongan hukum (recht vacuum) atau kekosongan undang-undang (wet vacuum) yang mengatur lembaga jaminan syariah yang seharusnya melengkapi mekanisme pembiayaan di bank syariah; kedua, lembaga jaminan yang diterapkan di perbankan syariah (gadai, hak tanggungan, hipotik, fidusia dan jaminan resi gudang) dalam perspektif hukum ekonomi syariah secara umum semuanya termasuk dalam kategori akad rahn karena merupakan penjaminan harta benda, hanya saja rahn lebih bersifat universal dan komprehensif, sedangkan lembaga-lembaga jaminan tersebut dibedakan satu sama lain berdasarkan jenis benda baik benda bergerak maupun benda tidak bergerak (tetap) dan bentuk benda yang dijaminkan. Namun secara khusus dan spesifik melihat pada ketentuan undang-undang yang mengaturnya, tidak semua operasional lembaga jaminan tersebut relevan dengan fiqih rahn, sebab terdapat ketentuan yang bertentangan dengan syariat Islam dalam bermuamalah pada perkara jaminan kebendaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Syarif Hidayatullah
Date Deposited: 14 Mar 2019 05:56
Last Modified: 14 Mar 2019 05:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item