EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Asuh dan Pembentukan Akhlak Anak Panti Asuhan Kota Banjarmasin

Rabbany, Fathur (2019) Pola Asuh dan Pembentukan Akhlak Anak Panti Asuhan Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (288kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (995kB)

ABSTRAK

Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pola asuh dan pembentukan akhlak anak asuh dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pola asuh dan pembentukan Akhlak pada anak yang tinggal di Panti Asuhan di Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang Pengasuh yang masing-masing tinggal di panti asuhan Al-Ikhlas dan panti asuhan Bunda Kurbanr. Sedangkan objek Penelitian adalah pola asuh dan pembentukan akhlak anak serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, dalam rangka mendapatkan akhlak yang baik bagi anak Panti Asuhan kota Banjarmasin. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pola asuh yang dipakai oleh pengasuh dari dua panti asuhan sudah berjalan dengan baik, yaitu: (1) Pengasuh panti asuhan Al-Ikhlas menerapkan pola asuh secara demokrasi (2) pengasuh pada panti asuhan Bunda Kurbanur menerapkan pola asuh secara otoriter dan demokrasi. Pembentukan akhlak anak melalui nasehat, keteladanan, pembiasaan dan ganjaran di panti asuhan Al-Ikhlas dan Bunda kurbanur sudah berjalan dengan baik, yaitu: (1) anak selalu dinasehati terutama kedisiplinan dalam mentaati aturan panti sekaligus diberi nasehat untuk selalu berkata sopan dan berkelakuan baik. (2) pengasuh selalu memberikan teladan untuk anak-anak asuhnya untuk dapat ditiru dan dicontoh. (3) anak asuh selalu dibiasakan oleh pengasuhnya kedisiplinan, yaitu disiplin dalam beribadah kepada Allah dan bangun pagi. (4) pemberian ganjaran baik berupa hukuman ataupun hadiah, hukuman inilah yang memberikan efek jera agar anak-anak asuh selalu mengikuti kegiatan. Sedangkan hadiah dapat memotivasi anak agar lebih giat dalam memperbaiki dan menjalankan akhlak yang baik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi adalah pengasuh dari segi kepribadiannya sehari-hari, anak asuh yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda dalam hal sifat dan sikap, daerah asal, dan masalah keluarga masing-masing, dan lingkungan yaitu kondisi lingkungan yang diterapkan dalam panti dan luar panti.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Fathur Fathur Rabbany Fathur Rabbany
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:48
Last Modified: 12 Feb 2019 01:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11170

Actions (login required)

View Item View Item