EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Metode Tamyiz dalam Pembelajaran Terjemah Alquran di SD, SMP, dan SMA Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Hidayat, Rahmad (2019) Implementasi Metode Tamyiz dalam Pembelajaran Terjemah Alquran di SD, SMP, dan SMA Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana. (Submitted) (Submitted) (Submitted)

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Pembelajaran terjemah Alquran dengan menggunakan Metode Tamyiz mempunyai prinsip pengajaran tersendiri. Prinsip pengajarannya menggunakan Neuro Linguistic (semngat dalam berbahasa) dan pengajar harus fun and active teacher. Pengajarmya jauh dari perilaku kasar dan menakutkan bagi para peserta didik. Sehingga dikatakan metode yang mudah dan cepat bisa terjemah Alquran. Pengajar Tamyiz harus memberikan motivasi dalam mempelajari Alquran. Syarat belajar Tamyiz, sudah bisa membaca Alquran. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti langsung melakukan pengamatan yang memusatkan perhatian pada suatu kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumenter. Sedangkan sumber data didapat dari peserta didik, Guru Alquran dan Guru PAI sebagai pengajar Tamyiz. Analisis data terdiri dari Reduksi data, Display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian ditinjau berdasarkan teori yang ada. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui proses triangulasi sumber. Temuan dari hasil penelitian diperoleh data bahwa di LPI Sabilal Muhtadin, sangat mendukung dengan diterapkan Metode Tamyiz. Sehingga LPI Sabilal Muhtadin membuatkan kurikulum khusus untuk pembelajaran Metode Tamyiz. Implementasi penerapan Metode Tamyiz didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Yaitu adanya buku/modul tamyiz, pengeras suara, gendang, papan tulis, LCD, laptop, ATK lainnya. Proses pembelajaran Tamyiz, diawali dengan perkenalan Metode Tamyiz. Kemudian memberikan motivasi dan bimbingan serta melakukan pengulangan materi. Membacanya dengan diiringi nyanyian dan gendangan. Tenaga pendidik merupakan seorang guru Alquran yang diikut sertakan untuk mengikuti pelatihan metode tamyiz. Baik itu di Indramayu ataupun yang dilaksanakan oleh Sekolah Sabilal Muhtadin. Mereka merupakan guru Metode Tamyiz, bahkan ada yang berlisensi. Sedangkan untuk peserta didik sendiri diwajibkan mengikuti Metode Tamyiz Mereka merasa termotivasi dan menyenangkan dalam mengikuti pembelajaran metode tamyiz. Sedangkan Problematika Implementasi Metode Tamyiz pada sarana dan prasarana tidak ada. Tapi proses pembelajaran kurangnya waktu pembelajaran Metode Tamyiz. Sedangkan tenaga pendidik belum ada problematika. Namum problematikanya ada pada peserta didik yang masih adanya kurang lancar BTA, bukan alumni Sekolah Sabilal Muhtadin, belum paham menggunakan kamus kawkabin. Untuk mengatasi problematika tersebut pihak Sekolah melaksanakan kelas tambahan bagi peserta didik yang kurang lancar BTA dan peserta didik yang bukan alumni LPI/Sekolah Islam Sabilal Muhtadin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: rahmad hidayat khalik
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:57
Last Modified: 14 Feb 2019 02:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11187

Actions (login required)

View Item View Item