EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

الحال في كتاب سمط الدرر للحبيب علي بن محمد الحبشي (دراسة تحليلية نحوية)

Assegaf, Husein (2019) الحال في كتاب سمط الدرر للحبيب علي بن محمد الحبشي (دراسة تحليلية نحوية). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (233kB)

ABSTRAK

حدث الباحث عن أحوال الحال في كتاب سمط الدرر ، حيث أن الباحث حلل تراكيب الحال الموجودة فيها مع عواملها وأصحاهبا، وتقسيمها. ويهدف هذا البحث ويريد أن يفهم على القارئ لمعرفة تراكيب الحال الموجودة فيها بتحليل كل أبيات الشعر التي فيها الحال لفهم المعنى كل الأبيات فهما عميقا عن الحال خاصة. و يكون هذا البحث بحثا كيفيا حيث أن الباحث يستخدم الدراسة المكتبية في إنتاج البيانات. ومن قواعد النحو هو الحال، وهو وصف فضلة يذكر لبيان هيئة الاسم الذي يكون الوصف له، ويقال الحال: هو الوصف الفضلة المنتصب للدلالة على الهيئة نحو : (أقبلت الطائرة مسرعة). وعلامته أن يصلح وقوعه جوباً لكيف. مثل الكلمة من البيت " عبد أرسله الله للعلمين "بشيرا" ونذيرا" وفي تلك الكلمة وجد الباحث "الحال" وهي الكلمة "بشيرا" وهي منصوب و علامة نصبه فتحة ظاهرة في أخره لأنه يفسر للكلمة عبد وهو صاحب الحال. والحاصل هذا البحث هو وجد الباحث ثمانية عشر الكلمة اللاتي يتضمنّ الكلمة من تركيب الحال مع عاملها وصاحبها في سمط الدرر. ABSTRAK Husein Assegaf, 2019. Studi Analisis kajian ilmu Nahwu tentang al-Hal Fii Kitabi Simtuth Dhurar liHabib Ali bin Muhammad AlHabsy (Hal didalam kitab Simtuth Dhurar karangan AlHabib Ali Alhabsyi). Penelitian Ilmiah Jurusan bahasa Arab. Pembimbing H. Muhammad Syamsuddin Noor, MA. dan Muhammad Nadir, S.Ag, M.Pd.I, M.St Kata Kunci : Hal, Simthud Durar, Studi Nahwu, Penelitian Kepustakaan Peneliti berbicara tentang apa-apa yang berkaitan dengan hal didalam kitab Simtuth Dhurar, dimana peneliti melakukan analisis terhadap susunan-susunan hal di dalamnya beserta ‘amil dan shohibnya, dan juga pembagiannya. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan pemahaman agar pembaca mengetahui susunan hal dan juga pembagiannya. kepada siapa saja yang membaca kitab Simtuth Dhurar, dengan menganalisis setiap bait yang mengandung susuanan hal untuk memahami makna secara mendalam khususnya tentang makna susunan hal Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, di mana peneliti mengumpulkan dan memperoleh data penelitian melalui studi kepustakaan (library research). Diantara kaidah pembahasan ilmu nahwu adalah tentang hal. Hal adalah sifat yang fadhlah (lebihan) disebutkan untuk menerangkan keadaan isim yang dishifati baginya. Hal juga didefinisikan sebagai sifat yang dinashabkan untuk menunjukan suatu keadaan. Contohnya: Aku melihat Muhammad dalam keadaan berkendaraan. Dan contoh bait " عبد أرسله الله للعلمين "بشيرا". Dalam kalimat bait tersebut susunan hal adalah kalimat " "بشيرا" Karena menerangkan kalimat الكون Sebagai shohibul hal. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan delapan belas bait kalimat yang terdiri dari susunan hal beserta amil dan shohibul halnya didalam kitab Simtudduror.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Ewo Ahmad Sujarwo Sujarwo
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:34
Last Modified: 19 Feb 2019 01:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11277

Actions (login required)

View Item View Item