EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Penerjemahan Al-Qur’an dalam Bahasa Banjar (Studi Analisis terhadap Al-Qur’an Terjemah Bahasa Banjar)

Nur 'Azmy, Khalilah (2019) Metode Penerjemahan Al-Qur’an dalam Bahasa Banjar (Studi Analisis terhadap Al-Qur’an Terjemah Bahasa Banjar). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (84kB)

ABSTRAK

Dilatarbelakangi terbitnya Al-Qur’an Terjemah Bahasa Banjar pada tahun 2017, penulis tertarik untuk meneliti metode yang dipakai dalam penerjemahannya. Sebelumnya, bahasa Banjar sebagai bahasa daerah di Kalimantan Selatan hanya dipakai sebatas penggunaan lisan, bukan sebagai bahasa pengantar ilmu pengetahuan. Setelah penulis melakukan penelitian, penulis menemukan bahwasanya penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa daerah memerlukan metode dan langkah-langkah khusus. Jadi pada penelitian ini, penulis meneliti tentang metode yang digunakan dalam penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa Banjar dan bagaimana proses pemaknaan ayat Al-Qur’an ke dalam bahasa Banjar tersebut. Penelitian ini berbentuk penelitian pustaka (library research) dimana penulis melakukan studi pustaka dengan objek penelitian Al-Qur’an Terjemah Bahasa Banjar khusus juz 30 dan beberapa referensi pendukung. Selanjutnya, penulis mengumpulkan, memilah dan menganalisis data dengan teknik menghubung bandingkan antar unsur lingual dalam Al-Qur’an Terjemah Bahasa Banjar untuk kemudian diklasifikasikan dan dideskripsikan sesuai dengan pembahasan. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwasanya AlQur’an Terjemah Bahasa Banjar mengacu pada Al-Qur’an dan Terjemahnya Kemenag dari segi penggunaan metode kombinasi harfiyyah dan tafsiriyyah, maupun pencantuman penjelas ayat, disertai beberapa pertimbangan. Adapun dalam proses pemaknaan, penerjemahan menempuh beberapa kriteria pemilihan kata (diksi) yang tepat, cermat dan serasi dalam menyampaikan pesan Al-Qur’an ke dalam bahasa Banjar yang menjadi bahasa utama penerjemahan. Bahasa lain yang juga digunakan apabila tidak ditemukan padanan kata yang tepat adalah bahasa Melayu, bahasa Indonesia yang dibanjarisasikan dan bahasa Indonesia yang diadaptasi ke dalam bahasa Banjar secara total demi mewujudkan terjemahan yang ideal.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Khalilah nur azmy khalilah
Date Deposited: 27 Feb 2019 03:07
Last Modified: 27 Feb 2019 06:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11353

Actions (login required)

View Item View Item