EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Wajib Terhadap Kontrol Diri Siswa SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Fahroni, Trio (2018) Hubungan Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Wajib Terhadap Kontrol Diri Siswa SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (702kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (421kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (292kB)

ABSTRAK

Trio Fahroni, 1401451350: Hubungan Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Wajib Terhadap Kontrol Diri Siswa SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, 2018, Pembimbing: (1) Dr. M. Zainal Abidin, M.Ag (2) Mubarak, M.A. Kata Kunci: Kedisiplinan Shalat, Kontrol Diri, Siswa. Keimanan dan ketakwaan tidak lepas dari pendidikan shalat yang sangat besar manfaatnya bagi kehidupan, shalat mencegah perbuatan keji dan munkar, shalat meningkatkan disiplin hidup, shalat membuka hati pada kebenaran dan masih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan jiwa. Oleh karena itu shalat perlu dipelajari, diketahui secara tepat dan dilaksanakan secara teratur agar manfaatnya dapat dinikmati dan dirasakan dengan sunggunh-sungguh. Anak yang sejak kecil rajin mengerjakan shalat sampai besar dalam keadaan bagaimanapun, mereka tidak akan lupa kepada Allah, serta selalu menjauhkan dari hal-hal yang tidak baik serta melahirkan sikap pribadi yang disiplin. Para siswa yang disiplin melaksanakan shalat berjamaah seharusnya mampu melakukan kontrol diri atas perilaku tidak baik atau yang merugikan bagi lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. SMP Islam Sabilal Muhtadin dipilih sebagai tempat penelitian karena merupakan sekolah formal berbasis pendidikan Islam yang popular dan letaknya strategis di tengah kota Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kedisiplinan shalat wajib terhadap kontrol diri pada pada siswa kelas VIII SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data berupa skala Likert. Skala kedisiplinan shalat yang terdiri dari 24 aitem dan skala kontrol diri 25 aitem ini sudah di uji kevalidannya dan kereliabilitasannya, dengan nilai reliabel 0,836 untuk skala kedisiplinan shalat dan 0,877 untuk skala kontrol diri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah subjek sebanyak 99 siswa kelas VIII. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan bantuan software SPSS for windows 21.0. Hasil data kuantitatif menunjukkan bahwa kedisiplinan shalat berada di kategori tinggi (97%) dan kontrol diri pada siswa kelas VIII SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin berada di kategori sedang (61,4%). Berdasarkan hasil analisis uji korelasi dengan menggunakan teknik Pearson Product Moment di dapat nilai r hitung sebesar 0,528 dengan p value 0,000 sementara nilai r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 99 sebesar 0,196 karena nilai r hitung yang didapat (0,528) > nilai r tabel (sig 5% = 0,196) (p value <0,05), menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan shalat terhadap kontrol diri siswa kelas VIII SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Hal ini menyatakan bahwa semakain tinggi kedisiplinan shalat maka semakin tinggi kontrol diri siswa kelas VIII SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Skripsi Trio Fahroni
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:27
Last Modified: 12 Mar 2019 06:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11437

Actions (login required)

View Item View Item