EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Orang Tua dalam Melatih Ibadah Sholat Pada Anak di Kampung Melayu Laut Kecamatan Banjarmasin Tengah

Qomaruddin, M. (2019) Upaya Orang Tua dalam Melatih Ibadah Sholat Pada Anak di Kampung Melayu Laut Kecamatan Banjarmasin Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (346kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Upaya Orang tua dalam Melatih Ibadah Sholat Pada Anak di Kampung Melayu Laut Kecamatan Banjarmasin Tengah yang meliputi mengajarkan, mengajak, memberi contoh/tauladan, memberi perintah,memberi hadiah/hukuman. Penelitiaan ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya orang tua dalam melatih ibadah shalat pada anak dan faktor-faktor yang menghambatnya, Subjek penelitian ini adalah 5 orang tua yang memiliki anak berumur 7-21 tahun . Objek penelitian ini adalah upaya orang tua dalam melatih ibadah shalat pada anak di kampung melayu laut kecamatan banjarmasin tengah dan faktor-faktor yang menghambatnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan klasifikasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa upaya orang tua tunggal dalam melatih ibadah shalat pada anak sudah terlaksana dikarenakan kesadaran para orang tua pada tanggung jawabnya terhadap kewajiban mengajarkan anak shalat dan juga banyaknya waktu yang tersedia yang dimiliki mereka, para anak-anak mereka yang juga rajin dan tidak menolak bila diajak dan diajarkan tentang shalat, hanya sedikit yang kadang sulit diajak shalat. Faktor-faktor yang menghambat upaya orang tua dalam melatih ibadah shalat ini yaitu latar belakang pendidikan orang tua, waktu orang tua bersama anak, lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan. MOTTO “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya allah bersama orang-orang yang sabar”.( Q.S Al-Baqarah: 153) “sesungguhnya sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan, maka apabila kamu telah selesai dengan sesuatu urusan, kerjakanlah sungguh-sungguh urusan yang lain. Dan hanya kepada tuhanmu-lah (Allah) hendaknya kamu berharap” (QS.Alam Nasyroh: 6-8) KATA PERSEMBAHAN Dalam ketulusan dan keikhlasan hati yang dalam, skripsi sederhana ini penulis persembahkan kepada: 1. Abah dan Mama yanng tidak henti-hentinya mendoakan pada setiap waktu, yang telah mendidik dan membimbing dengan penuh perhatian, kasih sayang dan cinta. Kalian adalah motivasi terbesar dalam hidup. Penulis bangga menjadi puteri kalian. Semoga Allah Swt. selalu menyayangi kalian sebagaimana kalian menyayangi kami sewaktu kecil. 2. Kakak dan adikku tercinta yang telah banyak membantu dan memotivasi untuk berjuang, terimakasih atas do’a, perhatian dan kasih sayang yang telah kalian diberikan. Semoga Allah Swt. membalas ketulusan kalian. 3. Pembimbing, guru, dan dosenku yang selalu menjadi pelita dalam studiku karena engkau aku dapat mewujudkan harapan dan anganku sebagai awal untuk mencapai cita-cita dan cinta. 4. Teman-temanku senasib seperjangan, yang telah memberiku motivasi yang tak terhingga dalam penyusunan skripsi ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Hukum Keluarga (Akhwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Skripsi M. QOMARUDDIN
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:13
Last Modified: 28 Mar 2019 07:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item