EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Quality Assurance Program Dasar Ummi Foundation pada Pelaksanaan Metode Ummi di Kota Banjarmasin

Hayatunnisa, Hayatunnisa (2019) Quality Assurance Program Dasar Ummi Foundation pada Pelaksanaan Metode Ummi di Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (158kB)

ABSTRAK

Pembelajaran al-Qur’an yang baik membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu bahwa setiap anak atau orang yang belajar membaca al-Qur’an, bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar. Dalam konteks inilah “Quality Assurance Program Dasar Ummi Foundation pada Pelaksanaan Metode Ummi di Kota Banjarmasin” harus dilaksanakan disetiap lembaga pengguna metode Ummi. Rumusan masalah membahas tentang (1) Bagaimana Quality Assurance Program Dasar Ummi Foundation pada Pelaksanaan Metode Ummi di Kota Banjarmasin, (2) apa saja kendala dan upaya Ummi Foundation pada Pelaksanaan Metode Ummi di Kota Banjarmasin. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilanjutkan dengan menganalisis data, dan pengujian kredibilitas data. Dari hasil penelitian ini dihasilkan Quality Assurance Program Dasar Ummi Foundation pada Pelaksanaan Metode Ummi di Kota Banjarmasin yaitu: (1) Pemetaan/pengkelompokan guru metode Ummi, (2) standarisasi bacaan guru metode Ummi (3)pembekalan dasar metodologi dan manajemen pembelajaran al-Qur’an kepada guru metode Ummi (4) pendampingan implementasi metode Ummi kepada guru, yang dilakukan oleh koordinator cabang daerah atau koordinator di lembaga. (5) pemastian dan penjagaan sistem metode Ummi diterapkan di lembaga (6) kontrol eksternal kualitas berupa evaluasi akhir pembelajaran al-Qur’an oleh Ummi Foundation. (7) Uji publik sebagai bentuk akuntabilitas dan rasa syukur. Adapun kendala dan upaya Ummi Foundation di Banjarmasin (1) Ketika tashih terkadang ada beberapa peserta yang terdaftar tidak dapat hadir, segera datang ke umda untuk ditashih (2) Selama beberapa bulan mengikuti tahsin ada sebagian peserta yang masih membutuhkan pembinaan yang lebih intensif bagi guru al-Qur’an di internal lembaga setempat, oleh guru terbaik atau koordinator al-Qur’an (3) Saat pelaksanaan sertikasi tidak bisa hadir maka harus mengikuti sertifikasi berikutnya (4) meminta kepada pihak Ummi Foundation Pusat untuk mengirim trainer apabila kekurangan tim trainer di Banjarmasin dan pihak pengelola Ummi Foundation Pusat berusaha menambah para trainer di Banjarmasin dengan mengirim para calon trainer dari Ummi Daerah untuk mengikuti Pelatihan ke Ummi Foundation Pusat di Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ramadhan Madan Elisa
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:14
Last Modified: 10 Apr 2019 02:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11715

Actions (login required)

View Item View Item