EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pengamalan Thaharah di Mahad Al-Jamiah Asrama II UIN Antasari Banjarmasin

Khatimah, Husnul (2019) Implementasi Pengamalan Thaharah di Mahad Al-Jamiah Asrama II UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (324kB)
[img] Text
ABSTARK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah dewasa ini banyak dari anak-anak, remaja maupun dewasa yang menyepelekan akan thaharah tersebut. Seringkali mereka sudah pernah belajar mengetahui akan prektek tersebut, tetapi mereka keliru akan hal tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pengamalan Thaharah di Mahad Al-Jamiah Asrama II UIN Antasari Banjarmasin yang meliputi tentang istinja, mandi wajib, berwudhu, tayamum, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pengamalan thaharah yang terdiri dari faktor mahasantri, faktor lingkungan, faktor riwayat pendididikan, dan faktor sarana dan parsarana. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai implementasi pengamalan thaharah di mahad al-jamiah asrama II UIN Antasari Banjarmasin untuk mengetahui implementasi mahasantri tentang istinja, mandi wajib, berwudhu, dan tayamum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang pendekatan penelitian yang berusaha menuturkan masaah yang ada berdasarkan hasil wawancara ataupun observasi dengan informan. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pengamalan thaharah di mahad al-jamiah asrama II UIN Antasari Banjarmain, sedangkan yang menjadi subjek penelitianya adalah murabiyah, musrifah dan mahasantri yang berada di mahad al-jamiah asrama II UIN Antasari Banjarmasin. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi data, dan interprestasi data, selanjutnya dianalisis secara deskriftif kualitatif dengan mengacu pada landasan teori. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa implementasi pengamalan thaharah di mahad al-jamiah asrama II UIN Antasari Banjarmasin dapat dikatakan sudah sudah maksimal. Mahasantri selain melakukan yang fardu yang sunahnya juga selalu mereka kerjakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Khatimah Khatimah Husnul
Date Deposited: 29 May 2019 05:50
Last Modified: 29 May 2019 05:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item