EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perhatian Masyarakat Terhadap Al- Quran di Desa Kupang Nunding Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong

Ariani, Zaitun (2019) Perhatian Masyarakat Terhadap Al- Quran di Desa Kupang Nunding Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (234kB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas perhatian masyarakat terhadap Alquran di Desa Kupang Nunding Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya dua pendapat yang berbeda terkait pehatian masyarakat tehadap Alquran. Pendapat yang pertama mengatakan bahwa antusiasme masyarakat terhadap Alquran dalam bentuk program-program yang berhubungan dengan Alquran yang diadakan oleh Kementerian Agama masih sangat tinggi sedangkan pendapat kedua mengatakan pada praktiknya masih banyak masyarakat yang buta huruf-huruf Alquran bahkan belum bisa membaca Alquran. Membaca dan memahami Alquran seharusnya juga mendapatkan perhatian dari masyarakat bukan hanya sekedar mengikuti program-progran terkait Alquran saja namun masyarakat juga harus bisa menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup dengan cara berupaya membaca dan memahami serta mengamalkan yang terkandung didalamnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana perhatian masyarakat Desa Kupang Nunding Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong terhadap Alquran. Perhatian yang dimaksud disini dilihat dari aspek (1) Kemampuan membaca Alquran (2) Upaya memahami Alquran. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang berbentuk Studi living Qur’an, dengan lokasi di Desa Kupang Nunding Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan data di lapangan. Pertama, Observasi yaitu penulis terjun langsung ke lapangan. Kedua, Wawancara yakni penulis melakukan wawancara terhadap beberapa masyarakat, Ketiga, Dokumentasi. Setelah semua data terkumpul barulah kemudian penulis melakukan analisis data. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa perhatian masyarakat di Desa Kupang Nunding Kecamatan Muara Uya terhadap Alquran tergolong baik dari segi kemampuan membaca Alquran dapat dilihat kategori tidak bisa 25% masyarakat yang tidak bisa bahkan buta huruf Alquran walaupun mereka di rumah mempunyai Alquran, kategori bisa tapi tidak lancar 18% masyarakat yang berusaha belajar walaupun tidak lancar meski membaca Alquran terbata-bata mereka tetap membaca Alquran yang mereka miliki di rumah, dan kategori bisa dan lancar 56% masyarakat yang rutin mengamalkan tadarus Alquran di rumah dan upaya memahami Alquran masih cukup tinggi dapat dilihat dari kategori tidak paham dan tidak ada upaya belajar 34% masyarakat yang tidak paham perihal memahami Alquran dan untuk upaya belajar mengikuti pengajian-pengajian yang bermuara terhadap pemahaman Alquran juga minim, kategori tidak paham tapi ada upaya belajar 50% masyarakat yang tidak paham tapi upaya mereka untuk memahami Alquran ada dengan mengikuti pengajian-pengagjian yang bermuara terhadap pemahaman terhadap ayat Alquran, dan kategori paham 15% masyarakat yang paham terhadap Alquran karena sebagian masyarakat ini ada basic pondok dulunya dan tetap selalu mempelajari ilmunya dan memahami ilmu yang bermuara terhadap ayat Alquran.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: zaitun ariani zaitun ariani
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:30
Last Modified: 19 Jun 2019 02:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11826

Actions (login required)

View Item View Item