EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Akhlak Dalam Pengajian Kitab Al-Jauhar Al-Mauhub wa Munabbihat Al-Qulub di MTs Negeri 6 Banjar

Ramadhani, Nurlaili (2019) Pembelajaran Akhlak Dalam Pengajian Kitab Al-Jauhar Al-Mauhub wa Munabbihat Al-Qulub di MTs Negeri 6 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (656kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (597kB)

ABSTRAK

Pendidikan yang diajarkan dan ditanamkan terlebih dahulu adalah pendidikan akhlak yang mana pendidikan akhlak tersebut merupakan pendidikan awal yang diberikan kepada seorang anak baik itu dari orang tua maupun dari lembaga pendidikan agar memiliki sikap atau karakter sehingga dijadikan kebiasaan oleh anak dari kecil hingga dewasa. Anak memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan tuntunan Alquran mestilah berpedoman pada Rasulllah Saw, karena beliau memiliki sifat-sifat terpuji yang harus dicontoh dan menjadi panutan bagi umatnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran akhlak dalam pengajian kitab Al-Jauhar Al-Mauhub wa Munabbihat Al-Qulub di MTs Negeri 6 Banjar yang meliputi unsur-unsur dalam pembelajaran, seperti langkah-langkah pembelajaran (kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup), materi, metode dan media yang digunakan, serta faktor-faktor yang menghambat dan mendukung, baik itu faktor yang ada pada teknis pelaksanaan ataupun faktor yang ada pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun ke lapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran akhlak dalam pengajian kitab Al-Jauhar Al-Mauhub wa Munabbihat Al-Qulub di MTs Negeri 6 Banjar, sedangkan subjeknya adalah ustaz (penceramah), siswa dan guru MTs Negeri 6 Banjar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses pembelajaran pada kegiatan awal dimulai dengan membaca surah Yasin serta membaca doa pembuka majelis, dilanjutkan dengan pemberian materi tentang akhlak menggunakan kitab Al-Jauhar Al-Mauhub wa Munabbihat Al-Qulub dengan metode ceramah, kaji duduk dan cerita. Kegiatan penutup dilakukan dengan ustaz memberi kesimpulan dan membaca doa penutup majelis. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul, diproses melalui editing dan reduksi data, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nurlaili Ramadhani
Date Deposited: 25 Jun 2019 06:34
Last Modified: 25 Jun 2019 06:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11849

Actions (login required)

View Item View Item