EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENDAPAT ULAMA KOTA BANJARMASIN TEHADAP SIMPANAN DANA KAS MASJID PADA BANK KONVENSIONAL

MAULANA, CANDRA (2019) PENDAPAT ULAMA KOTA BANJARMASIN TEHADAP SIMPANAN DANA KAS MASJID PADA BANK KONVENSIONAL. Skripsi, SYARIAH.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (451kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

ABSTRAK Candra Maulana, 2018. Pendapat Ulama Kota Banjarmasin Terhadap Simpanan Dana Kas Masjid Di Bank Konvensional. Skripsi, Jurusan/Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Pembimbing (I) Dra. Hj. Nadiyah, MH (II) Sarmiji Asri, S.Ag., MHI Kata kunci: Dana Kas Masjid, Bank Konvensional. Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat salah satu masjid di Kota Banjarmasin yang menyimpan dana kas masjid di bank konvensional, yang mana telah diketahui bahwa bank konvensional itu mengandung unsur bunga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendapat para ulama Kota Banjarmasin mengenai permasalahan penyimpanan dana kas masjid di bank konvensional serta bagaimana alasan atau dasar hukum pendapat para ulama terhadap simpanan dana kas masjid tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif, penelitian ini berlokasi di Kota Banjarmasin. Penulis dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, setelah data terkumpul kemudian diolah melalui proses editing, klasifikasi dan deskripsi. Kemudian data tersebut di analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengacu pada landasan teori. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa terdapat 2 (dua) variasi pendapat ulama Kota Banjarmasin terhadap penyimpanan dana kas masjid di bank konvensional: pertama yaitu pendapat yang membolehkan serta tidak melarang dengan alasan bunga yang di hasilkan dari penyimpanan tersebut di ambil dengan syarat untuk pembangunan atau infrastruktur, pendapat tersebut berlandaskan kepada kaidah-kaidah fiqh, kaidah tentang al-darar wa al-maslahah (bahaya dan maslahat) dan dalil tentang tolong menolong. Kedua yaitu pendapat yang tdak membolehkan menyimpan dana kas masjid di bank konvensional dengan alasan bahwa bunga bank tersebut termasuk kelebihan yang mana dihasilkan tanpa usaha dan jerih payah. Pendapat ini berdasarkan pada firman Allah Swt dan hadis bahwa riba di larang. Dari perbedaan pendapat Ulama kota Banjarmasin tersebut, penulis menganalisis bahwa penyimpanan dana kas masjid pada bank konvensional itu di satu sisi tidak diperbolehkan, karena bank konvensional mengandung unsur bunga dan bunga termasuk dalam konteks riba, berdasarkan teori-teori yang yang penulis ambil dan dalil-dalil tentang keharaman riba. Dari sisi yang lain, ada yang mengatakan tidak mengapa, dengan alasan kalau hal itu dikatakan sebagai bunga, namun sangat kecil, dan bunga nya bukan untuk kepentingan pribadi.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Candra Maulana Mahlan
Date Deposited: 10 Jul 2019 00:57
Last Modified: 10 Jul 2019 00:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item