EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Sufistik Dalam Pelaksanaan Syair Maulid Diba’i Pada Majlis Shalawat Kuala Kapuas Kalimantan Tengah

Shopian, Shopian (2019) Nilai-Nilai Sufistik Dalam Pelaksanaan Syair Maulid Diba’i Pada Majlis Shalawat Kuala Kapuas Kalimantan Tengah. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (577kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (308kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kerusakan moral pada masa sekarang ini. Salah satu solusi paling manjur adalah dengan menanamkan nilai-nilai sufistik pada diri setiap individu. Nilai-nilai sufistik itu terkandung dalam banyak ritual keagamaan, salah satunya adalah dalam kegiatan pelaksanaan Maulid ad-Diba’i. Di Kuala Kapuas Kalimantan Tengah Majlis shalawat Maulid ad-Diba’i ini memiliki dampak positif bagi perbaikan moral masyarakatnya. Berangkat dari alasan ini peneliti mengangkat tema nilai-nilai sufistik dalam pelaksanaan syair Maulid ad-Diba’i pada Majlis shalawat Kuala Kapuas. Pertanyaan besarnya ada dua, yaitu; 1) Apa saja nilai-nilai sufistik yang terdapat dalam Pelaksanaan Maulid ad-Diba’i; 2) Bagaimana pengaruh nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari para jamaahnya? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang dituliskan dalam bentuk deskriptif analisis. Penelitian ini juga bersipat kualitatif, sehingga simpulan yang didapat bersipat konsep dan nilai. Setelah diadakan penelitian men dalam, penulis mengambil tiga kesimpulan sebagai berikut: Pertama, nilai-nilai sufistik yang terdapat dalam Maulid ad-Diba’i ada empat nilai pada bagian maqam dan empat nilai pada bagian ahwal. Pada bagian maqam da nilai taubat, zuhud, ridha dan wara’. Adapun pada bagian ahwal dan nilai mahabbah, syauq, ma’rifah dan fana’. Meskipun demikian, nilai utama yang paling dominan di dalamnya adalah nilai-nilai sufistik yang berkaitan dengan Nur Muhammad. Kedua, pada praktik nya nilai-nilai sufistik yang terkadung dalam pelaksanaan Syair Maulid ad-Diba’I tersebut diamalkan secara konsisten oleh jamaah/majlis shalawat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Maulid ad-Diba’i memiliki nilai sufistik yang sangatkental, yang dapat mempengaruhi faham sufistik seseorang atau sikap dan tingkah laku sehari-harinya. Ketiga, Meyakini dengan keyakinan yang kuat, bahwa pelakasanaan syair Maulid Diba’I pada Majlis shalawat apabila diamalkan akan membawa nilai tambah keberkahan dan pahala di dunia dana khirat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Drs Shopian S
Date Deposited: 11 Jul 2019 08:51
Last Modified: 12 Jul 2019 00:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12112

Actions (login required)

View Item View Item