EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Hasil Belajar Siswa pada Operasi Perkalian Kelas II MIS Al Irsyad Patarikan

Janah, Hayatul (2019) Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Hasil Belajar Siswa pada Operasi Perkalian Kelas II MIS Al Irsyad Patarikan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (616kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

ABSTRAK

ABSTRAK Hayatul Janah. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Perkalian Kelas II MIS Al Irsyad Patarikan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Syarifah Salmah,M.Pd.I (II) Waluyo Satrio Adji, S.Pd., M.Pd.I. Media realia adalah benda nyata yang dapat digunakan langsung oleh guru dan siswa untuk mengenalkan konsep perkalian secara realistis. Bentuk medianya yaitu benda mangkuk dan biji-biji kancing warna-warni. Melalui benda atau objek nyata tersebut dapat melibatkan semua indera siswa pada saat proses pembelajaran. Membantu siswa untuk membangun pemahaman mereka karena matematika disajikan konkret maka akan dapat dipahami siswa dengan baik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar siswa pada operasi perkalian kelas II MIS Al Irsyad Patarikan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun langsung kelapangan. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa MIS Al Irsyad Patarikan. Kemudian diambil beberapa siswa dari populasi tersebut dijadikan sebagai sampel menggunakan Non Probability Sampling jenis Purposive sample teknik penentuan sampel yang digunakan dengan memilih secara sengaja menyesuaikan tujuan penelitian. Populasi yang dipilih untuk menjadi 2 kelas yaitu kelas II A (eksperimen) dan kelas II B (Kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media realia. Hasil belajar kelas eksperimen meningkat 14.65 dari nilai rata-rata pre-test 63,21 menjadi 77,88 nilai rata-rata post-test. Sedangkan hasil belajar kelas kontrol 15,5 dari nilai rata-rata pre-test 59,83 menjadi 75,33 nilai rata-rata post-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kedua kelas meningkat. Uji regresi linier sederhana dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan atau tidak. Nilai Sig. pada tabel coefficients adalah 0,729 maka 0,729 > 0,05 artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media realia terhadap hasil belajar siswa pada operasi perkalian kelas II MIS Al Irsyad Patarikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Janah Hayatul janah
Date Deposited: 17 Jul 2019 06:26
Last Modified: 17 Jul 2019 06:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12221

Actions (login required)

View Item View Item