EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran K.H. Badruddin dalam Mengembangkan Jalur Pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Martapura

Badruddin, Badruddin (2019) Peran K.H. Badruddin dalam Mengembangkan Jalur Pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (857kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya anak-anak generasi jaman sekarang yang tidak mengetahui peran K.H. Badruddin di berbagai bidang, khususnya bidang pendidikan. Fokus Penelitian ini yaitu peran Guru Ibad berdasarkan pengembangan kurikulum dan pembentukan lembaga-lembaga pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi Guru Ibad dalam mengembangkan jalur pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apa-apa saja peran Guru Ibad berdasarkan pengembangan kurikulum dan pembentukan lembaga-lembaga pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi Guru Ibad dalam mengembangkan jalur pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan mengumpulkan dokumen-dokumen sejarah Guru Ibad dan Pondok Pesantren Darussalam, baik sejarah itu didapat dari buku, tesis, skripsi, majalah, jurnal, artikel, internet (website) dan sebagainya, serta wawancara dengan keluarga dan teman terdekat Guru Ibad. Jenis penelitian ini adalah Kepustakaan (Library Research). Selanjutnya penelitian ini merupakan penelitian Analisis isi (Content analysis) yaitu penelitian yang bersifat mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Hasil penelitian tentang peran K.H. Badruddin dalam mengembangkan jalur pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Martapura yaitu; pengembangan kurikulum Pondok Pesantren Darussalam di semua jenjang pendidikan ada MI, MTs, MA, SMP, STM, SPP-SPMA, STIS. Ada juga pendirian lembaga-lembaga pendidikan formal seperti, MI Darussalam, SMP Darussalam, MTs Muallimin, STM Darussalam, SPP-SPMA Darussalam dan STIS Darussalam sedangkan jalur pendidikan nonformal seperti pengajian kitab dengan sistem halaqah dan majelis taklim yang dilakukan oleh kiai atau ulama yang mana Guru Ibad yang menjadi mentor dari kiai atau ulama tersebut. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi peran K.H. Badruddin ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: S. Pd Badruddin Ibad
Date Deposited: 22 Jul 2019 01:11
Last Modified: 22 Jul 2019 01:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12305

Actions (login required)

View Item View Item