EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Akhlak Dalam Keluarga di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala

Halim, Said Abdul (2019) Pendidikan Akhlak Dalam Keluarga di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (334kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (32kB)

ABSTRAK

Permasalah dalam penelitian ini ada dua yaitu: (1) Bentuk-bentuk pendidikan akhlak yang diberikan orang tua kepada anak di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala. (2) Peran orang tua dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk-bentuk pendidikan akhlak yang diberikan orang tua kepada anak di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala dan Peran orang tua dalam memberikan pendidikan akhlak pada anak di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang kepala keluarga dan 3 orang anak di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pendidikan akhlak dalam keluarga di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi data, dan interpretasi data. Kemudian dianalisis data tersebut dengan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bentuk-bentuk sopan santun yang diberikan orang tua kepada anak di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala yaitu mencium tangan orang tua, mematuhi perintah orang tua, ketika lewat didepan orang tua harus mengucapkan permisi, mengucapkan salam ketika masuk rumah, menundukkan badan ketika lewat di depan orang tua. Sedangkan bentuk-bentuk kejujuran yang diberikan oleh orang tua kepada anak di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala yaitu selalu jujur apabila pergi untuk bermain, jangan mencuri, harus mengembelikan apabila kalau membeli sesuatu dan kembaliannya lebih dari yang seharusnya, mendidik untuk selalu berkata jujur dengan orang tua, selalu jujur dengan teman-teman dan menekankan untuk tidak berbohong. Sedangkan Peran Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Akhlak pada Anak di Desa Karya Makmur Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala yaitu menasehatinya secara baik-baik, selalu membimbing, memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pandangan yang baik kepada anak, memberikan peringantan, memberikan hukuman apabila anak tidak jujur dan tidak sopan santun.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Skripsi SAID ABDUL HALIM
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:11
Last Modified: 22 Jul 2019 07:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item