EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Balikpapan

Al-Gifary, Muhammad Abizar (2019) Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Balikpapan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (607kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena seringnya siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran yang berlangsung disebabkan guru yang mengajar lebih sering menggunakan metode ceramah tanpa adanya bantuan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran terkesan monoton. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi dan jenis media pembelajaran yang digunakan di MAN Balikpapan, serta untuk mengetahui kriteria pemilihan dan penggunaan media pembelajaran di MAN Balikpapan. Sedangkan metode penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research), 3 orang guru yang mengajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Balikpapan sebagai subjek penelitian. Sedangkan objek penelitian ini adalah media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Balikpapan yang meliputi: klasifikasi dan jenis media pembelajaran yang digunakan di MAN Balikpapan, serta kriteria pemilihan dan penggunaan media pembelajaran di MAN Balikpapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik editing, pengumpulan data, dan interpretasi data. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Balikpapan meliputi: pertama klasifikasi dan jenis media pembelajaran yaitu, klasifikasi media tanpa proyeksi dua dimensi (hanya punya ukuran panjang dan lebar) dengan jenis media yaitu gambar, klasifikasi media dengan proyeksi (media yang diproyeksikan) dengan jenis media yaitu film dan juga slide. Kedua Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Balikpapan,yaitu: Adapun kriteria pemilihan dan penggunaan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Balikpapan, terdapat perbedaan dan persamaan dari ketiga guru tersebut. Persamaannya terdapat pada 2 kriteria pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yaitu keterkaitan materi dan alokasi waktu dengan kesesuaian materi dan penyampaian yang lebih efektif dan efisien. Sedangkan perbedaannya terdapat pada situasi dan kondisi kelas serta kemampuan siswa, ketersediaan alat dengan ketertarikan dan yang terakhir dengan asas untuk mempermudah siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD A MUHAMMAD ABIZAR AL-GIFARY MUHAMMAD ABIZAR AL-GIFARY
Date Deposited: 25 Jul 2019 05:51
Last Modified: 25 Jul 2019 05:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12438

Actions (login required)

View Item View Item