EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Multiple Intelligences pada Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Firdaus Banjarmasin

Afiaty, Rizqia (2019) Penerapan Multiple Intelligences pada Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Firdaus Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEALSLIAN TULISAN.pdf

Download (486kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Skripsi ini mengemukakan tentang penerapan Multiple Intelligences yang merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk menjamin semua siswa belajar dalam kondisi nyaman sebagai wujud visi dan misi sekolah yang menginginkan siswa yang berkarakter dengan fokus penelitian pengelompokan kelas, penerapan Multiple Intelligences pada pembelajaran, serta aktivitas belajar dari penerapan Multiple Intelligences pada pembelajaran di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelompokan peserta didik, penerapan Multiple Intelligences pada pembelajaran, dan ingin mengetahui aktivitas belajar peserta didik yang menerapkan Multiple Intelligences pada pembelajaran di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru TU, dan wali kelas di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penerapan Multiple Intelligences pada pembelajaran di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan klasifikasi data setelah itu penulis mengadakan analisis data terhadap permasalahan yang dikemukakan. Data tersebut disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelompokan kelas peserta didik langsung dari tim Next Edu Surabaya sesuai dengan rumpun kecerdasan anak berdasarkan hasil dari tes observasi MIR (Multiple Intelligences Research). Penerapan Multiple Intelligences pada pembelajaran di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin dalam konteks pembelajaran meliputi tujuan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Pada aktivitas belajar peserta didik dalam pembuatan strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, guru harus mengetahui tipe kecerdasan anak, materi pembelajaran, dan alokasi waktu. Pihak sekolah terus berusaha untuk mengembangkan pembelajaran yang ada serta memberikan berbagai pelatihan tenaga pendidik guna mengembangkan bakat dan keterampilan untuk disalurkan kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: RIZQIA AFIATY
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:45
Last Modified: 30 Jul 2019 02:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12518

Actions (login required)

View Item View Item