EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Mekanisme Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen Pada Kantor OJK Regional 9 Kalimantan

Norhikmah, Norhikmah (2019) Mekanisme Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen Pada Kantor OJK Regional 9 Kalimantan. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini berdasarkan padabanyaknya aduan yang diterima dan meningkatknya jumlah aduan yang diterima oleh OJK yang berhubungan dengan Lembaga Jasa Keuangan. Mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan oleh Kantor OJK Regional 9 dianggap menarik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan konsumen pada Kantor OJK Regional 9 Kalimantan dalam menyelesaikan banyaknya aduan yang diterima oleh OJK serta kendala yang dihadapi dalam menyelesaikan aduan yang diadukan oleh konsumen. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif teknik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah wawancara dengan staf karyawan bidang EPK pada Kantor OJK Regional 9 Kalimantan yang mengetahui mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan konsumen. Hasil penelitian menjelaskan mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan konsumen pada Kantor OJK Regional 9 Kalimantan. Menjelaskan mekanisme pelayanan dan penyelesaian pengaduan konsumen melalui sistem layanan konsumen terintegrasi di sektor Jasa Keuangan. Mekanisme pelayanan pada OJK dibedakan menjadi tiga jenis yaitu pelayanan penerimaan Informasi, pelayanan pemberian informasi (pertanyaan), dan layanan pengaduan konsumen. Dalam penyelesaian aduan konsumen OJK membedakan nya menjadi dua jenis yaitu penyelesaian pengaduan berindikasi sengketa dan pengaduan berindikasi pelanggaran peraturan perundang-undangan Sektor Jasa Keuangan. Adanya pembagian tugas dalam menangani jenis aduan dan dalam hal cara penyelesaian aduan untuk memudahkan OJK menangani setiap aduan. Kendala yang dihadapi oleh Kantor OJK Regional 9 dalam penyelesaian pengaduan adalah kurangnya jumlah SDM serta ketepatan waktu dari sebagian PUJK (Pelaku Usaha Jasa Keuangan) dalam memberikan tanggapan balik kepada pihak OJK.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Siti Nor Apriyanti
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:37
Last Modified: 31 Jul 2019 02:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12578

Actions (login required)

View Item View Item