EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengamalan Surah Al-Sajdah di Shalat Shubuh Jum’at Pada masyarakat Kelurahan Sarang Halang Pelaihari (Studi Living Al-Qur`an)

Fitria, Nur (2019) Pengamalan Surah Al-Sajdah di Shalat Shubuh Jum’at Pada masyarakat Kelurahan Sarang Halang Pelaihari (Studi Living Al-Qur`an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB III-1.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB IV-1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Al-Qur`an merupakan kitab pedoman bagi umat Islam dan menjadi kitab rujukan pertama bagi umat Islam. Al-Qur`an tidak hanya dipahami secara tekstualis tapi dapat dipahami secara kontekstualis. Oleh Karena itu, para sejarawan Al-Qur`an telah mulai mengembangkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur`an. Salah satu ilmu yang dikembangkan adalah Studi Living AlQur`an. Pada dasarnya Living Al-Qur`an sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad saw. hanya saja baru disadari oleh sebagian orang. Segala sesuatu yang berkaitan dengan masyarakat dan berkaitan dengan Al-Qur`an merupakan Living Al-Qur`an. Bentuk Kajian Al-Qur`an bisa menyangkut mengenai bentuk membaca, memahami, mengamalkan, maupun dalam sosio-kultural yang lain. Begitu juga dengan Pengamalan Surah Al-Sajdah di Shalat Shubuh Jum’at pada Masyarakat Sarang Halang yang termasuk dalam kajian Living Al-Qur`an. Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah yang mengamalkan Surah AlSajdah di Shalat Shubuh Jum’at terutama bagi masyarakat Sarang Halang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana masyarakat Sarang Halang mengamalkan Surah Al-sajdah di Shalat Shubuh Jum’at dan apa yang menjadi motivasi masyarakat Sarang Halang mengamalkan Surah Al-Sajdah di Shalat Subuh Jum’at. Penelitian ini termasuk dalam peneltian lapangan (field research) jenis Penelitiannya kualitatif dan kajian Living Al-Qur`an. Penelitian ini menggunakan tiga Teknik Pengumpulan data yaitu Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Data disajikan secara deskriptif terkait dengan data yang diperlukan mengenai Pengamalan Surah Al-Sajdah di Shalat Shubuh Jum’at pada masyarakat Kelurahan Sarang Halang. Setelah melakukan penelitian maka hasil penelitiannya sebagai berikut: Pengamalan Surah Al-Sajdah di Shalat Shubuh Jum’at pada masyarakat Kelurahan Sarang Halang dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad saw. dan yang menjadi motivasi Masyarakat mengamalkan adalah karena adanya Hadis yang menganjurkan untuk mengamalkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S. Ag Nur Fitria
Date Deposited: 31 Jul 2019 06:49
Last Modified: 31 Jul 2019 06:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12586

Actions (login required)

View Item View Item