EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin

Nursinah, Nursinah (2019) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (997kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Penerimaan peserta didik baru adalah salah satu kegiatan manajemen peserta didik yang sangat penting, karena kalau tidak ada peserta didik yang diterima disekolah, berarti tidak ada proses pembelajaran dan tidak ada yang harus ditangani atau diatur. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin mengadakan tes interview, tes psikologi, tes membaca Al Qur’an. 2. Sudah teroptimalisasi dalam pendekatan penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan pendekatan formal, pendekatan sosial, pendekatan rasional-profesional. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin serta untuk mengetahui tentang proses, kendala dan sistem kenaikan pendaftaran peserta didik baru di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, panitia penerimaan peserta didik baru, guru, operator sekolah, orang tua siswa dan penjaga sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dalam penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Al- Istiqamah Banjarmasin dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, a. Perencanaan. Perencanaan ini dilakukan sebelum kegiatan PPDB. Dalam perencanaan kegiatan memuat tentang, (1) penepatan daya tampung, (2) penepatan syarat-syarat pendaftaran, (3) persiapan media, (4) persiapan administrasi serta sarana dan prasarana yang diperlukan. b. Pelaksanaan. Dalam pelaksanaannya meliputi kegiatan, (1) pembentukan panitia pelaksanaan, (2) rapat penentuan peserta didik baru, (3) pembuatan atau pemasangan dan pengiriman pengumuman berupa brosur, spanduk, pamphlet, (4) pendaftaran calon peserta didik baru, (5) tes seleksi peserta didik baru berupa tes interview, tes psikologi, tes membaca Al Qur’an (huruf hijaiyah), (6) penentuan peserta didik yang diterima, (7) pengumunan diterima atau tidak dan pendaftaran ulang peserta didik yang diterima. Ada beberapa kendala dalam proses penerimaan peserta didik baru di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin adalah dari orang tua siswa yang ekonominya menengah ke bawah, banyaknya siswa yang ijazahnya sebelumnya belum keluar sedangkan syarat untuk mendaftar harus ada ijazah, kurangnya pemahaman orang tua tentang syarat-syarat yang diperlukan dalam pendaftaran dan calon peserta didik tidah membaca persyaratan yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nursinah Nursinah Nursinah
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:48
Last Modified: 11 Oct 2019 02:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12825

Actions (login required)

View Item View Item