EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pencatatan Perkawinan Wali Nikah Yang Tidak Sesuai Antara Pencatatan dengan Pelaksanaan (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar)

Norhadi, Waliyo (2019) Pencatatan Perkawinan Wali Nikah Yang Tidak Sesuai Antara Pencatatan dengan Pelaksanaan (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (946kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (431kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (156kB)

ABSTRAK

Skripsi ini mengangkat permasalahan mengenai pencatatan perkawinan yang tidak sesuai antara pencatatan dengan pelaksanaan di KUA Kertak Hanyar. Penulis menemukan kasus ini terjadi karena pihak dari calon pengantin (catin) tidak sesuai antara berkas pernyataan dari pemeriksaan pendaftaran perkawinan dan ketika hendak akad nikah. Kemudian KUA sudah melakukan pencatatan sebelum adanya akad nikah. Hal tersebut melatarbelakangi penulis untuk meneliti lebih lanjut tentang pencatatan perkawinan yang tidak sesuai antara pencatatan dan pelaksanaan. Adapun tujuan penelitian dalam masalah ini untuk mengetahui gambaran pencatatan perkawinan yang tidak sesuai antara pencatatan dan pelaksanaan dan bagaimana menurut kepala KUA kertak Hanyar mengenai kasus tersebut. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris atau penelitian lapangan (field research) berlokasi di KUA Kertak Hanyar Kecamatan Banjar. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul kemudian diolah dengan teknik editing, deskripsi, dan matriks. Untuk memperoleh kesimpulan hukumnya, dilakukan analisis secara kualitatif terhadap data yang didapat. Dari hasil penelitian ditemukan adanya pencatatan perkawinan yang tidak sesuai antara pencatatan dan pelaksanaan. Pada kasus I dan kasus II, Wali nikah catin perempuan baru mengatakan secara jujur ketika hendak melaksanakan akad nikah. Wali dari catin perempuan tersebut tidak bisa menjadi wali nikah disebabkan hasil di luar pernikahan untuk kasus I. Pada kasus II anak tersebut adalah anak angkat, bukan anak kandung. Sedangkan pegawai KUA Kertak Hanyar sudah melakukan pencatatan perkawinan sebelum adanya akad nikah. Maka dari hal ini tetap wali nasab dalam pencatatan pernikahannya, sedangkan pelaksanaan menjadi wali hakim. Penulis bependapat, bahwa dari pihak KUA Kertak Hanyar sudah melakukan hal yang terbaik untuk masyarakat disekitarnya yaitu melakukan pelayanan prima kepada masyarakat kertak hanyar ketika berurusan dengan KUA Kertak Hanyar. Namun, peraturan tetap harus dijalankan sesuai dengan apa yang diatur oleh peraturan itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: Waliyo Norhadi
Date Deposited: 13 Nov 2019 00:46
Last Modified: 13 Nov 2019 00:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item