EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Kegiatan Keagamaan Siswa Dalam Pembentukan Kepribadian Mushalli Di Madrasah Al-Hidayah Kuala Kapuas

Hariyati, Hariyati (2019) Peran Kegiatan Keagamaan Siswa Dalam Pembentukan Kepribadian Mushalli Di Madrasah Al-Hidayah Kuala Kapuas. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (807kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (598kB)

ABSTRAK

Perubahan emosi yang sangat cepat terjadi pada siswa, terutama siswa yang menginjak usia remaja, hal ini mengakibatkan mereka sebagian besar kesulitan dalam mengontrol emosi mereka, sehingga mengakibatkan perilaku mereka yang tidak terkontrol hingga sikap mereka yang kurang baik terhadap diri ataupun lingkungan sekitar. Oleh sebab itu pentingnya penanaman pribadi yang baik agar siswa dapat mengontrol dan mengendalikan diri dan sikap mereka. Kegiatan keagamaan merupakan kegiatan yang penting dalam pembentukan kepribadian siswa. Salah satunya adalah siswa tidak hanya mengetahui lebih banyak tentang agama akan tetapi juga dapat membentuk kepribadian muslim khususnya kepribadian mushalli. Ketika kegiatan keagamaan dilakukan oleh siswa di Madrasah al-Hidayah,dari latar belakang diatas peneliti terfokus pada peran kegiatan keagamaan yang ada di madrasah al-Hidayah Kuala Kapuas dan perannya dalam pembentukan kepribadian mushalli. Guna menjawab rumusan masalah ini maka peneliti menggunakan metode penelitian mix methode. Data penelitian ini diperoleh menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuanntitatif dengan pengumpulan data berupa skala. Instrumen pada penelitian ini menggunakan observasi dalam kegiatan, wawancara kepada guru dan siswa, dan membagikan skala pada siswa. Selanjutnya data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dianalisis dengan deskriptif. Sedangkan data yang diperoleh dari skala dianalisis menggunakan Microsoft exel, dengan validitas menggunakan rumus =correl dan reliabilitas menggunakan rumus =var. Hasil penelitian ini adalah bahwa ada 20 orang atau 57,1 % siswa yang berada dikategori baik, 14 orang atau 40 % siswa yang berada dikategori cukup dan 1 orang atau 2,9 % berada dikategori rendah, data ini kemudian didukung dari hasil wawancara pada subjek penelitian yang menunjukkan bahwa diri mereka mempunyai kepribadian yang baik, khususnya kepriadian Mushalli, hal ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan keagamaan berperan sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa khususnya kepribadian mushalli.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: HARIATI HARIATI HARIATI
Date Deposited: 07 Nov 2019 01:33
Last Modified: 07 Nov 2019 01:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item View Item