EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Komunikasi Dakwah Ustadzah Firdaus bin Syekh Abu Bakar dalam Majelis Ta’lim Muslimah al-Batul Banjarmasin

Wahidah, Syarifah (2019) Komunikasi Dakwah Ustadzah Firdaus bin Syekh Abu Bakar dalam Majelis Ta’lim Muslimah al-Batul Banjarmasin. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (539kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (673kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini, karena penulis tertarik meneliti komunikasi dakwah Ustadzah Firdaus Bin Syekh Abu Bakar sebagai salah seorang da’iyah yang memiliki cukup banyak jamaah di Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi dakwah Ustadzah Firdaus Bin Syekh Abu Bakar dalam Majelis Ta’lim Muslimah Al-Batul Banjarmasin. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berlokasi di Banjarmasin. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah Ustazah Firdaus Bin Syekh Abu Bakar sedangkan objek penelitian adalah komunikasi dakwah Ustazah Firdaus Bin Syekh Abu Bakar. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa cara penyampaian komunikasi dakwah ustadzah Firdaus bin Syekh Abu Bakar dilakukan dalam bentuk verbal dan non verbal. Secara verbal, komunikasi dakwah dilakukan dalam bentuk lisan yakni ceramah, yang disampaikan dengan lemah lembut, perkataan yang sopan, santai, diselilingi humor dan tegas. Selain itu, beliau juga menggunakan komunikasi dakwah verbal dalam bentuk tulisan melalui instagram. Komunikasi verbal menggunakan bahasa Indonesia dan kadang-kadang dengan bahasa Banjar yang mudah dipahami oleh para jamaah wanita dari kalangan remaja dan kalangan orang tua. Komunikasi non verbal terlihat dari cara beliau berpakaian yang Islami, intonasi suara dan gerakan tubuh, raut wajah, simbol-simbol ketika menyampaikan pesan. Metode yang digunakan adalah dakwah Mau’izhah al-Hasanah dan Mujadalah Billati Hiya Ahsan. Materi yang disampaikan dalam komunikasi dakwah Ustadzah Firdaus bin Syeh Abu Bakar yakni materi Fikih terutama Fikih wanita, akidah dan akhlak sesuai dengan situasi dan kondisi serta amalan-amalan keseharian. Media komunikasi dakwahnya menggunakan media dakwah lisan, media sosial seperti Instagram dan Facebook serta melalui Radio.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: SYARIFAH W SYARIFAH WAHIDAH SYARIFAH WAHIDAH
Date Deposited: 06 Nov 2019 05:15
Last Modified: 06 Nov 2019 05:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13181

Actions (login required)

View Item View Item